Komplotan Maling 36 Motor di Batam Diringkus Polisi, Sering Beraksi Pakai Jaket Ojol

Pratamayude
Komplotan maling motor di Batam, Kepulauan Riau diringkus polisi. Puluhan unit motor mereka curi dalam setahun terakhir. (Foto: Yude/iNews.id)

BATAM, iNewsBatam.id - Komplotan maling motor di Batam, Kepulauan Riau diringkus polisi. Tak tanggung-tanggung, ada 36 unit sepeda motor yang mereka curi selama beraksi.

Kawanan maling ini keok di tangan polisi setelah dibekuk pada Selasa (4/5/2024) lalu. Empat orang ditangkap dan dijadikan tersangka.

Penangkapan oleh Subdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kepulauan Riau ini merespons laporan dua warga yang kehilangan sepeda motor.

"Setelah korban melaporkan, Subdit Jatanras langsung melakukan pengembangan dan pencarian. Hasilnya, kurang dari 24 jam, pelaku berhasil ditangkap," ujar Kabid Humas Polda Kepri Kombes Zahwani Pandra Arysad, Senin (20/5/2024).

Sementara, Direktur Resesrse Kriminal Umum Polda Kepri Kombes Adip Rojikan menjelaskan, keempat orang tersangka ini berinisial FR, YP, AP dan DF. YP yang merupakan residivis ini berperan sebagai pemetik, sedangkan satu tersangka berinisial DF berperan sebagai orang yang mengamati lokasi.

Sementara untuk FR dan AP, berperan sebagai orang yang menjual kendaraan dari YP dan DF.

Dari hasil penyelidikan, mereka sudah beraksi sejak tahun 2023 lalu.

"Dari hasil pengembangan pemeriksaan, motor-motor yang mereka curi itu disimpan di rumah-rumah yang tersebar di Kota Batam. Ada di Batu Aji, Punggur dan Marina," kata dia.

Modus yang digunakan oleh tersangka yakni, mengamati motor-motor yang tidak terkunci atau tidak disimpan dengan baik. Mereka juga menggunakan jaket driver ojek online (ojol) saat beraksi.

"Dengan menggunakan alat kunci T, mereka merusak lubang kunci asli, dan kemudian membawa kabur motor tersebut," jelasnya.

Dengan adanya pengungkapan ini, Adip meminta kepada masyarakat yang merasa pernah kehilangan motornya, agar bisa menghubungi Ditreskrimum Polda Kepri dengan membawa surat-surat kelengkapan kendaraan.

Editor : Gusti Yennosa

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network