Natuna Terima Enam Unit Ambulans dari Kementerian Kesehatan

Alfie Al Rasyid
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah. (Foto: Alfie/iNewsBatam.id)

NATUNA, iNewsBatam.id - Pemerintah Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau menerima enam unit ambulans dari Kementerian Kesehatan pada tahun 2024. Penyerahan dilakukan oleh Bupati Natuna, Wan Siswandi, ke masing-masing puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Natuna, Hikmat Aliansyah, menjelaskan bahwa ambulans tersebut diperoleh melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). DAK adalah alokasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk mendanai kegiatan khusus di daerah sesuai prioritas nasional.

“Ambulans ini diserahkan kepada puskesmas di Kecamatan Bunguran Barat (Sedanau), Bunguran Utara (Kelarik), Subi, Midai, dan Suak Midai,” ujar Hikmat saat diwawancarai di Kantor Bupati Natuna, Selasa (24/09/2024).

Hikmat menambahkan, setiap unit ambulans dialokasikan sekitar Rp700 juta. Pengadaan ini diusulkan oleh Bupati Natuna kepada Kementerian Kesehatan pada tahun 2023. Saat ini, semua puskesmas di Natuna telah memiliki ambulans, meskipun beberapa unit sudah berusia cukup lama.

“Jika ada kesempatan, kami akan menambah lagi armada ambulans, karena beberapa puskesmas membutuhkan kendaraan baru untuk meningkatkan pelayanan,” katanya.

Selain DAK, Pemerintah Kabupaten Natuna juga mengalokasikan anggaran untuk pengadaan dua unit ambulans tahun ini.

"Dua unit tersebut akan digunakan di puskesmas Kecamatan Pulau Tiga Barat dan Rumah Singgah di Batam," pungkasnya.



Editor : Gusti Yennosa

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network