get app
inews
Aa Read Next : Kemenag Kepri Lantik 24 Orang PPIH Guna Persiapan Pemberangkatan Calon Haji

Dua Situs Ini Bisa Melacak Nomor Ponsel Penipu

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 10:58 WIB
header img
Situs untuk melacak nomor ponsel Penipu (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNewsBatam.id - Berbagai macam cara bisa dilakukan untuk melacak nomor ponsel penipu saat ini. Baik melalui aplikasi maupun situs yang bisa diakses dengan mudah. 

Untuk melacak nomor ponsel penipu ada beberapa yang bisa dicoba. Mengingat, baik di ponsel atau telepon rumah, penipuan panggilan telepon bisa saja terjadi pada siapa saja.  

Jika baru saja menerima panggilan telepon dari nomor telepon misterius, Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara untuk mengidentifikasi penelepon? Jika Anda mencoba menelepon kembali tapi tidak berhasil, jangan khawatir.  

Ada banyak alat yang efektif di luar sana untuk membantu Anda mendapatkan informasi tentang penelepon yang tidak dikenal. Alat-alat tersebut berfungsi untuk melacak nomor ponsel dan nomor telepon rumah dan bisa memberikan jumlah detail yang mengejutkan tentang penelepon.  

Nah, bagaimana cara melacak nomor hp penipu? Berikut ini ulasannya sebagaimana dikutip dari Metro Times, Jumat (29/10/2021). 

Cara Melacak Nomor HP Penipu dengan Google 

Jika Anda mencoba melakukan pencarian nomor telepon scammer, tempat termudah untuk memulai adalah Google. Google adalah tujuan untuk hampir semua pertanyaan yang mungkin Anda miliki, termasuk nomor telepon misterius. Opsi ini benar-benar gratis, jadi ini adalah tempat yang bagus untuk memulai. 

Jadi, bagaimana Anda bisa memulai dengan metode pencarian scammer ini? Beruntung, ini cukup sederhana. Pertama, Anda ingin mencari nomor telepon yang dimaksud. Buka bagian panggilan terakhir di ponsel Anda. Dari sana, Anda akan ingin memasukkan nomor itu langsung ke dalam kotak pencarian Google. 

Jika hasil pencarian Anda datar, coba beri tanda kutip di sekitar nomor untuk memastikan pencarian hanya mengungkapkan nomor itu. Google adalah alat yang hebat, tetapi tidak selalu memberikan apa yang Anda cari. Jika Anda menemukan Google tidak bekerja untuk Anda, inilah saatnya untuk melanjutkan ke langkah berikutnya. 

Cara Melacak Nomor HP Penipu dengan Situs Web Phone Check Reverse Cara super mudah untuk mengidentifikasi nomor telepon adalah dengan website nomor telepon terbalik. Website ini biasanya menawarkann laporan gratis sehingga Anda bisa segera mencari nomor telepon.  

Satu-satunya downside adalah jika Anda ingin beberapa laporan, Anda harus mendaftar untuk layanan berlangganan. Meskipun demikian, situs-situs ini menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki yang lainnya.  

1. Instant Checkmate 

Perusahaan ini menganggap anonimitas pengguna dengan sangat serius. Artinya siapa pun yang menelepon Anda tidak akan diberi tahu sedang melakukan pemeriksaan telepon terbalik pada nomor mereka.  

Laporan menawarkan detail penting seperti akun media sosial yang terhubung ke nomor telepon. Sejauh ini, ini adalah salah satu situs terbaik untuk mengetahui milik siapa nomor tersebut. 

2. CocoFinder Coco

Finder adalah perusahaan pemeriksaan latar belakang komprehensif yang dapat memberi Anda informasi tentang penelepon misterius. Selain pencarian nomor telepon sebaliknya, Anda juga dapat mencari berdasarkan nama dan alamat untuk mengetahui informasi lebih lanjut. 

Cara Melacak Nomor HP Penipu Menggunakan Media Sosial Platform media sosial tertentu memiliki potensi untuk memberikan detail tentang nomor telepon yang tidak dikenal. Platform terbaik untuk tujuan ini adalah Facebook atau LinkedIn. 

Seperti Google, platform ini gratis untuk digunakan. Sekarang, metode pencarian ini mungkin tidak akan memberi Anda detail tentang penipuan, tetapi jika Anda mendapatkan panggilan misterius dari nomor pribadi, opsi ini akan membantu Anda. Dengan kata lain, mencari nomor telepon di situs media sosial akan membantu Anda mengetahui apakah itu milik orang yang sebenarnya atau bot.

Layaknya Google, Anda dapat memasukkan nomor telepon langsung ke kotak pencarian di situs web. Jika nomor tersebut cocok dengan pengguna di situs, Anda akan diberikan akun untuk check out. 

Cara Melacak Nomor HP Penipu Menggunakan Aplikasi 

Ada beberapa aplikasi di luar sana yang dapat membantu Anda dalam misi ini. Salah satu aplikasi yang lebih terkenal yang digunakan untuk pencarian telepon terbalik adalah TrapCall. TrapCall sangat nyaman karena tersedia untuk iPhone dan Android. 

Dengan alat kecil yang praktis ini, Anda dapat membuka kedok penelepon misterius untuk membantu menangkap scammers. Bagaimana cara kerjanya? Setelah Anda mengunduh aplikasi ke perangkat seluler, yang perlu dilakukan hanyalah menunggu nomor misteri menelepon Anda. Setelah melihat orang misterius yang memanggil Anda, tolak nomor tersebut sehingga dapat dibuka kedoknya melalui aplikasi. 

Aplikasi kemudian akan mengirimkan informasi apa pun yang terhubung ke nomor tersebut termasuk nama dan alamat. Jika nomor itu menelepon kembali, Anda sekarang akan tahu persis siapa itu.

Editor : Hendra Zaimi

Follow Berita iNews Batam di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut