get app
inews
Aa Read Next : Meriahkan HUT Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024, Polda Kepri Gelar Lomba Menembak

Pecinta Kuliner Bakso, Ini Sejarah Awal Mula Asalnya

Selasa, 09 November 2021 | 17:21 WIB
header img
Mengenal sejarah bakso di Indonesia. (Foto: Instagram@Kulinerjabodetabek)

JAKARTA, iNewsBatam.id - Pecinta kuliner di Indonesia pasti mengenal bakso. Makanan berbahan dasar daging sapi ini sangat populer di Tanah Air, baik di perkotaan hingga pelosok desa.

Makanan berkuah ini biasanya dijual oleh para pedagang bakso keliling, hingga pedagang bakso warung dan tenda sederhana hingga outlet di mal atau pusat perbelanjaan. 

Bakso menjadi perhatian internasional ketika Presiden Amerika Serikat Barack Obama dalam pidatonya menyampaikan, dirinya mengingat bakso sebagai salah satu makanan favoritnya dari masa kecil ketika berada di Indonesia. 

Lantas, seperti apa asal mula bakso? Berikut ulasannya dirangkum pada Selasa (9/11/2021). 

Bakso adalah salah satu hidangan Indonesia yang masih memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa-Indonesia. Hal ini ditunjukkan dari istilah bakso berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti 'daging giling'.

Karena kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam. Tempat yang terkenal sebagai pusat bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang. Bakso Malang dan bakso Solo adalah masakan bakso yang disajikan dengan ciri khas Jawa. 

Jika bakso khas Tiongkok biasanya terbuat dari babi atau makanan laut dan warnanya agak kecoklatan serta bentuknya tidak bulat. Sedangkan bakso Malang dan Solo terbuat dari daging sapi, berwarna abu-abu dan bentuknya bulat. Bakso Tiongkok biasanya tidak disajikan dengan kuah melimpah berbeda dengan bakso Malang dan Solo yang disajikan dengan kuah melimpah. 

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak kreasi yang dilakukan para penjual bakso. Tak heran jika banyak jenis bakso-bakso yang membuat makin banyak orang tertarik untuk mencicipi makanan yang satu ini. Salah satunya bakso keju, bakso mercon, bakso udang, bakso gepeng, hingga bakso kepala sapi yang super unik dan menguji adrenalin.

Editor : Hendra Zaimi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut