get app
inews
Aa Read Next : Wanita di Batam Dianiaya Pria Kenalan via Aplikasi MiChat

Minum Kopi Bikin Cepat Tua? Berikut Penjelasannya

Minggu, 04 Februari 2024 | 12:05 WIB
header img
Foto: Istimewa

BATAM, iNewsBatam.id - Minum kopi sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia. Bahkan, tidak sedikit orang yang rela meluangkan waktu khusus hanya untuk menikmati secangkir kopi.

Kopi yang saat ini banyak diminati, dikenal sebagai minuman penambah energi atau melawan rasa kantuk. Di sisi lain, kopi kerap dijadikan teman berbincang yang asik dengan sahabat, kerabat hingga teman pekerjaan.

Kopi merupakan minuman yang berasal dari biji kopi yang dihaluskan dan saat ini telah menjadi minuman yang populer. Selain itu, kopi mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh.

Sebelum membahas lebih lanjut akan manfaat yang dikandung kopi, sebaiknya pahami dulu kandungan gizi apa saja yang terdapat pada kopi. Tanpa disadari beberapa kebiasaan minum kopi bisa bikin cepat tua. 

Bagi sejumlah orang, kopi menjadi minuman populer yang wajib dikonsumsi saat memulai hari yang memberikan banyak manfaat, termasuk penambah energi bagi mereka yang kesulitan menghadapi pagi hari.

Dilansir dari Express, Jumat (2/2/2024), ahli bedah plastik Dr Monic Kieu mengatakan, secara umum kopi sebenarnya baik untuk kesehatan. 

Kafein memberi Anda dorongan energi. "Polifenol adalah antioksidan dan ada sesuatu yang disebut CGA (dalam kopi) yang membantu mengurangi peradangan," kata Kieu. 

Namun, jika kopi diminum secara berlebihan, yaitu lebih dari empat cangkir sehari, bukan hal yang baik untuk kesehatan. Terlebih, minuman kopi biasanya dicampur dengan gula yang dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan kolagen. “Dan semua produk susu juga menyebabkan peradangan dan dapat menyebabkan timbulnya jerawat," jelasnya. 

Pada dasarnya, bukan kopi yang buruk untuk kesehatan. Namun, semua bahan yang dicampurkan ke dalamnya. Pada orang-orang tertentu, kafein dapat meningkatkan kadar kortisol, hormon mengelola stres. “Hal ini dapat menyebabkan masalah penambahan berat badan dan membuat kulit Anda berminyak," ujarnya. 

Selain itu, terlalu banyak kafein dapat mempengaruhi pola tidur Anda. “Ketika Anda kurang tidur, kulit Anda tidak akan memperbaiki dirinya sendiri, hal ini mempercepet penuaan dan membuat anda terlihat cepat tua" ungkapnya. 

Lebih lanjut, Kieu merekomendasikan untuk hanya mengonsumsi satu atau dua cangkir kopi sehari demi kesehatan. Namun ada hal yang perlu diperhatikan, kafein adalah vasokonstriktor yang sangat ampuh. “Jadi kalau dioleskan bagus banget untuk lingkaran bawah mata,” pungkasnya.

Editor : Johan Utoyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut