get app
inews
Aa Read Next : Kapal Kargo Terbakar di Pelabuhan Buru Karimun

Kapal Kargo MV Alexindo Terbakar, Api Berasal dari Konsleting Listrik Dapur

Rabu, 21 Februari 2024 | 20:42 WIB
header img
Petugas berupaya padamkan api (foto: Sat Polairud Polresta Barelang untuk iNewsBatam.id)

BATAM, iNewsBatam.id - Kapal kargo MV Alexindo 8 terbakar di perairan Batu Ampar Rabu, (21/2/2024) sore. Dari hasil penyelidikan diketahui penyebab kebakaran adalah konsleting listrik di bagian dapur kapal.

Humas Kantor SAR Tanjungpinang, Ardila Azizi mengatakan, insiden tersebut pertama kali diketahui Choirul (koki kapal). Melihat ada percikan api ia langsung berteriak sehingga seluruh crew kapal langsung berupaya memadamkan api menggunakan APAR.

Akan tetapi, kobaran api terus membesar dan crew kapal tidak bisa mengatasi kebakaran tersebut.  Melihat kondisi tersebut, Kepala Kamar Mesin (KKM) langsung mematikan mesin genset dan menutup pintu kamar mesin.

"KKM langsung mematikan genset dan memerintahkan seluruh crew keluar kapal," ujarnya.

Basarnas Tanjungpinang dan Pos SAR Batam menghubungi VTS Batam dan Bakamla untuk melaksanakan koordinasi. Sekitar Pukul 15.00 WIB, Kapal milik Bakamla tiba di lokasi kejadian dan mencoba untuk mengevakuasi korban keluar dari kapal. 

Berdasarkan hasil koordinasi, korban ABK Kapal KM Alexindo 8 akhirnya dibawa menuju ke Kapal Patroli Parikesit 7009 untuk dievakuasi. 

Basarnas bersama dengan beberapa anggota dari Tim SAR Gabungan langsung melaksanakan evakuasi dan mendata seluruh korban. Seluruh anggota ABK Kapal sebanyak 15 orang lengkap dan selamat.

Proses pemadaman api KM Alexindo 8 dibantu oleh KRI BUBARA, KN ULAR LAUT dan TB MEGAMAS SKY. Sementara itu seluruh korban akan diserahkan ke pihak agen kapal PT. Alexindo Yakin Prima

Editor : Johan Utoyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut