get app
inews
Aa Read Next : Puan Maharani: Reses Momentum Dewan Monitoring Stok dan Stabiltas Harga Sembako Aman Hadapi Lebaran

Jelang Ramadhan, Harga Cabai dan Tomat Meroket di Natuna

Selasa, 27 Februari 2024 | 17:03 WIB
header img
Cabai Merah. (Foto: iNews Batam / M Fadli)

NATUNA, iNewsBatam - Jelang Ramadahan 1445 Hijriyah, harga kebutuhan pangan di sejumlah pasar di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau merangkak naik.

Pantauan iNewsBatam di Pasar Modern Natuna, kenaikan harga tinggi terjadi pada komoditi cabai merah dan tomat. Pada pekan ini harga si merah pedas tersebut mencapai Rp 110 ribu per kilogram, kemudian disusul tomat dengan harga Rp 45 ribu per kilogramnya.

Salah satu pedagang sayur Pasar Modern Natuna, Reni mengatakan, harga cabai merah melambung tinggi dalam beberapa pekan terakhir, dari sebelumnya Rp 70ribu menjadi Rp 110ribu per kilogram. Bahkan, pada pekan lalu harga jual cabai merah ini sempat bertenggek di Rp 120ribu per kilogram.

"Minggu kemarin Rp 120ribu, sekarang turun Rp110ribu," ujarnya, Selasa (27/2/2024).

Hal serupa juga terjadi pada tomat, pada pekan lalu harga komoditi yang satu ini dijual pedagang Rp 25 ribu per kilogram, namun pada minggu ini sudah mencapai Rp 45 ribu per kilogram. "Tomat juga melambung tinggi. Kemarin Rp 25ribu sekarang naik Rp 45 ribu per kilogramnya,” ulas Reni.

Menurutnya, tingginya harga jual tersebut dipicu pasokan yang didatangkan pedagang berasal dari Kalimantan. "Untuk cabai merah yang dijual di Natuna dipasok dari daerah Batubi dan ada juga dari kalimantan. Kalau dari kalimantan ini diangkut menggunakan pesawat paung,” katanya lagi.

Menurutnya, kenaikan harga jelang Ramadhan ini sudah rutin terjadi tiap tahunnya. Meski demikian, daya beli masyarakat tidak berkurang. “Walaupun terbilang mahal, mereka tetap membeli karena bahan ini untuk kebutuhan sehari-hari,” pungkasnya.
 

Editor : Johan Utoyo

Follow Berita iNews Batam di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut