get app
inews
Aa Read Next : Batam Surplus Pasokan Hewan Kurban untuk Idul Adha 2024

Ketersediaan Hewan Kurban di Batam Capai 13 Ribu Ekor, Bebas PMK

Rabu, 22 Mei 2024 | 12:54 WIB
header img
Ilustrasi sapi untuk kebutuhan hewan kurban pada Idul Adha 2024. (Foto: Yude/iNews.id)

BATAM, iNewsBatam.id - Sedikitnya 13 ribu ekor hewan kurban telah tersedia di Batam, Kepulauan Riau untuk memenuhi kebutuhan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah mendatang.

Dokter hewan di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Batam, Samuel Tampubolon mengatakan jumlah hewan kurban yang tersedia terdiri dari 2.853 ekor sapi dan 10.341 ekor kambing.

Ia merinci, dari jumlah tersebut, masih ada sisa sapi tahun lalu yang tidak laku dijual sebanyak 500 ekor. 

"Jadi total sapi sampai hari ini ada 3.353 ekor, sedangkan untuk domba kita nggak terlalu banyak memasukkan, cuma 100 ekor saja, dan itu yang megang satu peternak saja," ujar Samuel pada Rabu (22/5/2024).

Dia menyebutkan, 500 ekor sapi tersebut telah menjalani penggemukkan di kandang ternak.

Sapi dan kambing ternak tersebut kata dia, didatangkan dari Lampung Tengah, Lampung dan Medan, Sumatera Utara. Jenis sapi yang didatangkan, yakni sapi silangan dan sapi Bali. 

Khusus untuk sapi Bali, telah dilakukan uji Jembrana. Gunanya, untuk mencegah penularan penyakit pada sapi-sapi lainnya.

Menurutnya, sampai saat ini para pengusaha hewan ternak di Batam sudah kooperatif dalam menaati peraturan yang ditetapkan oleh Kementerian Pertanian RI. Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Badan Karantina Indonesia terkait lalu lintas hewan rawan PMK (HRP) tersebut.

"Di tahun 2023 - 2024, berkat controlling dan monitoring, saat ini tidak ada kasus lagi. Bisa dipastikan Batam sudah aman dari penyakit mulut dan kuku (PMK)," kata dia.

Editor : Gusti Yennosa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut