Antisipasi Pengungsi Rohingya, TNI AL Kerahkan Armada Lanal di Kawasan Pesisir

Pratamayude
Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal), Laksamana Pertama I Made Wira Hady Arsanta, (Foto: Pratamayude/iNews Batam)

BATAM, iNewsBatam.id - TNI Angkatan Laut mengerahkan seluruh armada dari setiap Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) di kawasan pesisir, hal itu untuk mencegah masuknya pengungsi dari Rohingya ke Indonesia.

">TNI AL dan jajaran Koarmada 1 telah mengerahkan kapal patroli untuk melakukan pencegahan. Upaya ini juga bekerjasama dengan Bakamla," ujar Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal), Laksamana Pertama I Made Wira Hady Arsanta saat ditemui di Pelabuhan Batuampar, Kota Batam, Rabu (20/12/2023).

Diketahui, sejak pertengahan November lalu, ribuan pengungsi asal Rohingya kembali masuk ke wilayah Indonesia. Kini total pengunsi yang telah masuk berjumlah 1.684 orang, berdasarkan data dari Satgas Provinsi Aceh per 11 Desember 2023.

Untuk saat ini, pihaknya juga menegaskan telah melakukan pengetatan dalam memantau wilayah perbatasan terutama untuk wilayah perairan Lhokseumawe dan beberapa wilayah perairan lain di Provinsi Aceh.

Karena kata dia, kapal yang membawa para pengungsi itu sangat lihai mengelabui petugas saat dilapangan. Sehingga perlu dilakukan pengetatan penjagaan.

"Sampai saat ini belum ada laporan ada pengungsi yang masuk, kita bersama pemerintah daerah sudah kencang melakukan pengawasan di laut. Untuk yang telah masuk, kini menjadi fokus dari pemerintah daerah," jelasnya.

Editor : Johan Utoyo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network