Jembatan Penghubung Subang Mas - Air Raja di Batam Kini Sudah Bisa Dilewati

Pratamayude
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad meresmikan jembatan yang menghubungkan Pulau Subang Mas dan Air Raja di Batam. (Foto: Yude/iNewsBatam.id)

BATAM, iNewsBatam.id - Akses Pulau Subang Mas - Air Raja, Kecamatan Galang, Kota Batam kini semakin lancar menyusul kelarnya pembangunan jembatan yang menghubungkan dua daerah tersebut.

Jembatan penghubung tersebut, langsung diresmikan oleh Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad disaksikan Lurah serta tokoh masyarakat dan warga setempat, baru-baru ini.

Jembatan penghubung ini diharapkan akan menjadi solusi peningkatan perekonomian masyarakat di dua pulau tersebut.

"Jembatan ini akan memperlancar mobilitas orang dan barang sehingga perekonomian masyarakat di sini bisa lebih beekembang," ujar Ansar.

Sebelum dibangun Pemerintah Provinsi Kepri melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim), jembatan menghubungkan kedua pulau ini berbahan kayu.

Maka dari itu, jembatan itu punya tingkat keamanan yang lebih baik mengingat memiliki rangka dan lantai beton dan pagar pengaman di kedua sisi, sehingga lebih aman dan nyaman dilintasi pejalan kaki dan kendaraan roda dua maupun empat.

Selain diyakini berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat, jembatan itu juga memperlancar proses pendidikan bagi pelajar SMP dan SMA dari Subang Mas ke Air Raja.

Kepala Bidang Kawasan Permukiman Dinas Perkim Pemprov Kepri, Handoko menerangkan, jembatan ini dibangun menggunakan dana APBD Kepri tahun 2024 senilai Rp1.476.706.360.

Jembatan dibangun oleh kontraktor pelaksana CV Bina Insan Gemilang dan CV Nusa Dua Consultant sebagai konsultan pengawas ini memiliki panjang 60 meter dan lebar 2,5 meter.

"Pengerjaan rampung lebih cepat. Waktu kontrak kerja 120 hari kalender, tetapi sudah selesai 75 hari kerja," sebutnya.



Editor : Gusti Yennosa

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network