get app
inews
Aa Read Next : Kepala BP Batam Janji ke Warga Tanjung Uncang Masalah Air Kelar dalam Sepekan

Satpolairud Polres Karimun Dilengkapi Pelampung Remote Kontrol untuk Proses SAR

Selasa, 26 Oktober 2021 | 20:34 WIB
header img
Personel Satpolair Polres Karimun ujicoba U-Safe atau pelampung remote kontrol saat proses penyelamatan SAR. (foto: ricky robian syah)

KARIMUN, iNewsBatam.id - Satpolairud Polres Karimun kini dibekali dua unit U-Safe atau pelampung remote kontrol untuk penunjang operasi penyelamatan atau Search and Rescue (SAR).

Kasat Polairud Polres Karimun Iptu Binsar Samosir mengatakan, bantuan peralatan canggih ini diberikan Mabes Polri melalui Polda Kepri untuk membantu proses SAR di wilayah Kabupaten Karimun.

U-Safe merupakan pelampung dengan remote kontrol dengan jarak kendali sejauh 500 meter. Alat tersebut dilengkapi dengan mesin turbo bertenaga tinggi dan mampu digunakan dalam kondisi apapun.

"Selain dua unit U-Safe, Polairud Polres Karimun juga menerima bantuan satu unit boat RIB dan satu unit Rubber Boat. Bantuan ini diharapkan dapat mempermudah proses SAR di lapangan," ujarnya, Selasa (26/10/2021).

U-Safe dapat dikendalikan dari jarak 500 meter dari titik kontrol dan sangat efektif untuk proses evaluasi korban di laut. 

"Bisa mengangkut beban 200 kilogram dan alat ini sudah kami uji coba," katanya.

Bantuan yang diberikan Mabes Polri ini sangat membantu proses SAR. 

"Hal tersebut mengingat kondisi wilayah Kabupaten Karimun yang merupakan daerah maritim, sehingga penggunaan alat tersebut dinilai sangat efektif," ujarnya.
 

Editor : Deden Rosanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut