get app
inews
Aa Read Next : Tak Sesuai HET: Harga Tes PCR Semakin Cepat, Semakin Mahal

Menkes Tegaskan Tak Ada Subsidi untuk PCR

Rabu, 27 Oktober 2021 | 09:29 WIB
header img
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Demon Fajri/MNC Portal)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah tak akan mengucurkan subsidi untuk menurunkan harga tes Covid-19 PCR. Harga tes PCR di Indonesia termasuk murah jika dibandingkan dengan negara lain. 

Seperti diketahui Presiden Jokowi telah menginstruksikan agar harga tes PCR diturunkan jadi Rp300.000. 

"Pemerintah tidak merencanakan ada subsidi karena memang kalau kita lihat harganya, apalagi sudah diturunkan itu sudah cukup murah," kata Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers yang diikuti dari YouTube Perekonomian RI dikutip Rabu (27/10/2021). 

Budi mengatakan harga PCR di Indonesia yang semula dipatok Rp900.000 per orang sudah 25 persen lebih rendah harganya bila dibandingkan dengan harga PCR di bandara lain di dunia. 

"Jadi kalau misalnya diturunkan ke Rp300.000, itu mungkin masuk yang paling murah dibandingkan dengan harga PCR airport di dunia," katanya.

Dia mengatakan India masih menjadi negara dengan tarif PCR termurah di dunia selain China. 

"Yang paling bawah memang India murah sekali Rp160.000. Tapi memang India membuatnya di dalam negeri kemudian ekonominya berkembang karena juga rakyatnya banyak itu bisa tercapai," katanya. 

Tarif PCR yang ditentukan oleh Presiden Joko Widodo senilai Rp300.000 disebut Budi sudah yang paling murah dibanding harga tes PCR di seluruh dunia yang dilakukan di bandara.
 

Editor : Deden Rosanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut