get app
inews
Aa Read Next : Besok, Jokowi Lantik Jenderal Andika Perkasa Jadi Panglima TNI

Jokowi Kirimkan Surpres Siang Ini, Siapa Kandidat Kuat Panglima TNI

Rabu, 03 November 2021 | 10:58 WIB
header img
KSAL Laksmana TNI Yudo Margono dan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, dua nama yang mencuat sebagai calon Panglima TNI (Foto : iNews)

JAKARTA, iNewsBatam.id - Sejumlah nama digadang-gadang menggantikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin pucuk pimpinan tertinggi di tubuh TNI. Jenderal Hadi  akan memasuki purnatugas akhir November 2021. 

Sebelumnya, santer beredar nama KSAL Laksamana Yudo Margono sebagai calon kuat Panglima TNI. Karena jika sesuai urutan, maka kini matra laut yang ditunjuk sebagai Panglima TNI, setelah sebelumnya matra darat dan matra udara. 

Selain itu, masa pensiun Laksamana Yudo Margono pada November 2023. Sedangkan calon lainnya, KSAD Jenderal Andika Perkasa. Andika diketahui lahir pada 21 Desember 1964. Andika akan memasuki pensiun pada Desember 2022. 

Hal ini merujuk pada Pasal 55 UU TNI Nomor 34 Tahun 2004. Salah satu poinnya yaitu, seorang prajurit diberhentikan dengan hormat dari dinas keprajuritan karena menjalani masa pensiun. Sedangkan ketentuan mengenai usia pensiun diatur di Pasal 71. 

a. Usia pensiun paling tinggi 58 (lima puluh delapan) tahun bagi perwira dan 53 (lima puluh tiga) tahun bagi bintara dan tamtama, hanya berlaku bagi prajurit TNI yang pada tanggal undang-undang ini diundangkan belum dinyatakan pensiun dari dinas TNI. 

Disisi lain, hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan Surat Presiden (Surpres) ke pimpinan DPR terkait pencalonan pengganti Hadi. Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar membenarkan bahwa Presiden akan memberikan Surpres ke pimpinan DPR. 

"Iya benar siang ini akan diserahkan surpresnya," kata Indra kepada MNC Portal, Rabu (3/11/2021).

Setelah itu, Komisi I akan menggelar jumpa pers pergantian Panglima TNI siang ini, sekitar pukul 11.30 WIB di Nusantara III, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.
 

Editor : Hendra Zaimi

Follow Berita iNews Batam di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut