get app
inews
Aa Read Next : Minum Air Putih Dingin Berbahaya bagi Kesehatan Ginjal?, Ini Penjelasan Dokter

Jaga Ginjal Tetap Sehat, Lakukan 5 Kebiasaan Sederhana Ini

Selasa, 16 November 2021 | 09:44 WIB
header img
Minum air putih membantu membersihkan natrium dan racun dari ginjal Anda. Ini juga menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. (Foto: Suez)

JAKARTA, iNewsBatam.id - Ginjal di antaranya memiliki fungsi membuang sisa metabolisme, racun, dan garam dari dalam tubuh. Menjaga kesehatan ginjal sangat penting mengingat fungsinya yang begitu vital. 

Selain itu, ginjal juga berfungsi untuk mengatur kadar pH, garam, dan kalium dalam tubuh Anda. Mereka juga menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah. 

Ginjal Anda juga bertanggung jawab untuk mengaktifkan bentuk vitamin D yang membantu tubuh Anda menyerap kalsium untuk membangun tulang dan mengatur fungsi otot. 

Dengan menjaga kesehatan ginjal Anda, tubuh Anda akan menyaring dan membuang limbah dengan baik dan menghasilkan hormon untuk membantu tubuh Anda berfungsi dengan baik. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu menjaga kesehatan ginjal Anda: 

1. Olahraga secara teratur 

Olahraga teratur dapat menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Selain itu, juga dapat mengurangi tekanan darah Anda dan meningkatkan kesehatan jantung Anda, yang keduanya penting untuk mencegah kerusakan ginjal. 

Anda tidak harus berlari maraton untuk menuai hasil dari olahraga. Berjalan, berlari , bersepeda, dan bahkan menari sangat bagus untuk kesehatan Anda. Temukan aktivitas yang membuat Anda sibuk dan bersenang-senang. Akan lebih mudah untuk melakukannya dan mendapatkan hasil yang bagus. 

2. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula berlebih 

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan jumlah gula yang sangat tinggi dapat mengalami kerusakan ginjal. Ketika sel-sel tubuh Anda tidak dapat menggunakan glukosa (gula) dalam darah Anda, ginjal Anda dipaksa bekerja ekstra keras untuk menyaring darah Anda. 

Namun, jika Anda dapat mengontrol gula darah Anda, Anda mengurangi risiko kerusakan. Selain itu, jika kerusakan diketahui lebih awal, dokter bisa segera mengambil langkah-langkah untuk mengurangi atau mencegah kerusakan tambahan.

Editor : Hendra Zaimi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut