2 Antivirus di Google Play Store Bisa Mencuri Rekening Anda, Hati-hati!

Wahyu Sibarani
.
Selasa, 13 September 2022 | 12:18 WIB
2 Antivirus di Google Play Store Bisa Kuras Rekening. Foto: Ist

"Fitur ATS memungkinkan malware menerima daftar peristiwa yang akan disimulasikan dan mereka akan disimulasikan untuk melakukan transfer uang," kata analis malware perusahaan keamanan siber NCC Group's Fox_IT, Alberto Segura dari NCC Group's Fox-IT. 

Lebih lanjut disebutkan fitur ATS bisa digunakan untuk mensimulasikan sentuhan dan penekanan tombol, fitur bisa digunakan bukan hanya untuk mengirimkan uang secara otomatis namun juga menginstal aplikasi atau komponen bahaya lain. Artinya ATS bisa digunakan untuk menipu sistem deteksi fraud bank yang ditargetkan. 

Caranya dengan melakukan simulasi urutan tindakan yang akan dilakukan pengguna, misalnya menekan tombol, klik dan gerakan untuk melakukan transfer uang secara ilegal. 

Alberto Segura juga mengata mengatakan malware Sharkbot adalah perangkat lunak berbahaya yang paling sering digunakan untuk membobol rekening. Menariknya rata-rata Sharkbot ditanam di berbagai aplikasi antivirus. 

Dalam catatan NCC Group's Fox-IT beberapa aplikasi antivirus yang menanam Sharkbot ke ponsel pribadi di antaranya adalah Super Cleaner, Atom Clean-Booster, Alpha Antivirus, dan Powerful Cleaner. 

Dia meminta kepada seluruh pengguna ponsel Android untuk segera menghapus aplikasi antivirus tadi. Untuk lebih aman segera melakukan pemeriksaan akun bank untuk meneliti transaksi yang terjadi di rekening bank.

Editor : Sazili Mustofa
Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini