get app
inews
Aa
Read Next : Poskab Kundur Utara Raih Juara Satu Semarak Festival Lampu Colok 1445 H Kabupaten Karimun

Terdampak Pandemi Covid-19, Penerimaan ZIS Kabupaten Karimun Turun

Selasa, 07 Desember 2021 | 10:05 WIB
header img
Ilustrasi zakat infaq dan sodakoh.(Foto: Ist)

KARIMUN, iNewsBatam.id - Selama dua tahun sejak pandemi Covid-19 melanda, penerimaan zakat, infaq dan sedekah (ZIS) di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengalami penurunan.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karimun, Nasrial mengatakan, sebelum pandemi atau pada tahun 2019, penerimaan zakat di Kabupaten Karimun bisa mencapai Rp4 miliar. Namun, di tahun 2020 hingga 2021 terjadi penurunan cukup signifikan.

"Tahun 2020 itu hanya Rp3,5 miliar dan tahun 2021 ini hanya Rp3 miliar. Covid-19 ini memberikan dampak perekonomian yang besar kepada Msyarakat," katanya.

Dia berharap dengan kondisi Karimun nihil kasus positif Covid-19, juga bisa berdampak kepada peningkatan pengumpulan zakat, sehingga bisa lebih meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Hingga saat ini memasuki periode ketiga pendistribusian zakat, akan diserahkan kepada mustahik atau penerima sebesar Rp690 juta, yang didalamnya merupakan gabungan zakat untuk pendidikan dan kesehatan.

Adapun jumlah penerima sebanyak 950 orang, yang akan diserahkan pada 16 Desember mendatang di Masjid Agung Kabupaten Karimun.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Batam di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut