get app
inews
Aa Read Next : Rumah Aman Saat Mudik Lebaran, Warga Batam Perlu Lakukan 7 Tips Ini

Antisipasi Lonjakan Mudik Lebaran, Damri Sediakan 6 Juta Kursi 

Kamis, 23 Maret 2023 | 10:53 WIB
header img
Damri menyediakan 56 juta kursi bus, angkutan tersebut terdiri dari perjalanan jarak jauh, pariwisata, perkotaan, serta angkutan bandara. 

JAKARTA, iNews.id – Untuk mudik Lebaran 2023 atau Idul Fitri 1444 Hijriah, Damri menyediakan 56 juta kursi bus. Angkutan tersebut, terdiri dari perjalanan jarak jauh, pariwisata, perkotaan, serta angkutan bandara. 

Corporate Secretary Damri, Akhmad Zulfikri, mengatakan bahwa dari 56 juta kursi yang disediakan, pihaknya memprediksi akan terisi penumpang sebanyak 2,5 juta orang. 

Dia mengungkapkan, Damri juga berencana akan menambah kuota tiket dan jumlah perjalanan bus guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan mengantisipasi melonjaknya penumpang di masa Angkutan Lebaran

"Penambahan tersebut setelah adanya analisa dan evaluasi terkait dengan dinamika permintaan tiket tersebut," ungkap Zulkifri, dalam keterangan tertulis, Rabu (22/3/2023).  

Akhmad Zulfikri mengatakan bahwa tiket bus DAMRI sudah dapat dipesan sejak, Senin (20/3/2023). Dia mengatakan sejak dibuka tersebut telah terjual 1.000 tiket.  

"Sejauh ini, tiket yang terjual untuk keberangkatan tanggal 6 April s.d 9 Mei tersebut telah terjual lebih dari 1.000 tiket, dengan penjualan terbanyak yaitu rute dari dan menuju Lampung. Angka ini tentunya akan terus bertambah karena penjualan tiket baru dibuka dan masih akan terus berlangsung,” ujar Zulfikri. 

Zulfikri mengatakan tiket keberangkatan mudik dapat dibeli melalui DAMRI Apps dan beberapa Online Travel Agent seperti Traveloka, RedBus, easybook dan KAI Access. 

Namun, untuk daerah di Indonesia Timur dan Kalimantan Utara, pemesanan tiket dapat dipesan melalui loket keberangkatan. 

Hal tersebut dikarenakan pemesanan melalui online masih sulit dilakukan karena sinyal yang kurang memadai. Meskipun demikian, DAMRI tetap memproses pencatatannya secara digital. 

Pada angkutan lebaran kali ini, Zulfikri mengatakan pihaknya telah melakukan kegiatan rampcheck armada yang dilakukan sejak Februari hingga Maret 2023 di area Jabodetabek dan beberapa Cabang.  

Untuk Area Jabodetabek, yaitu Kemayoran, Botani Square, Pool DAMRI Bogor, Tipar dan Pupar. Untuk Cabang, yaitu Pontianak, Yogyakarta, Purworejo, Purwokerto, Cilacap, Banjarmasin, Samarinda, Surabaya, Malang, Pamekasan, Makassar, Denpasar, Jember, dan Mataram.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut