get app
inews
Aa Read Next : Sahur On The Road, Satlantas Polresta Barelang Berbagi Nasi Kotak 

Begini Rekayasa Arus Lalin saat Malam Pergantian Tahun di Batam

Sabtu, 30 Desember 2023 | 14:01 WIB
header img
Kondisi Lalu lintas di Batam (foto: ist)

 

BATAM, iNewsBatam.id - Satlantas Polresta Barelang melakukan rekayasa lalu lintas di beberapa lokasi saat perayaan malam pergantian tahun baru 2023-2024. Hal itu untuk mengantisipasi terjadi kepadatan arus lalu lintas.

Kanit Turjawali Satlantas Polresta Barelang, Iptu Yelvis Oktaviano menjelaskan, ada tiga lokasi di Batam yang menjadi prioritas dalam rekayasa lalu lintas. Yakni, jalan menuju Alun-alun Engku Putri, Tanjung Pinggir dan Harbour Bay.

"Ada beberapa lokasi yang diperkirakan akan mengalami kepadatan arus lalu lintas saat malam pergantian tahun. Seperti di Alun-alun Engku Putri, Tanjungpinang Pinggir dan Kawasan Harbour Bay," ujar Kanit Turjawali Satlantas Polresta Barelang, Iptu Yelvis Oktaviano, Sabtu (30/12/2023).

Dia menjelaskan, dalam rekayasa lalu lintas itu nantinya akan ada penyekatan di sejumlah wilayah yang diperkirakan akan padat. Seperti dari Laluan Madani menuju Kawasan Ocarina, di sana akan diberlakukan rekayasa buka tutup jalan.

"Jadi nanti rakyasanya, apabila jalan menuju Ocarina dari Laluan Madani masih lancar, maka akan kami buka. Namun jika sudah padat, akan kami tutup," kata dia.

Kemudian dari arah Simpang Kabil menuju Alun-alun Engku Putri, juga akan dilakukan rekayasa lalu lintas. Jika Arus lalu lintas jalan tersebut padat, maka pengendara akan dialihkan ke Grendland. 

Selanjutnya pengaturan untuk arus lalu lintas melalui Jalan Raja Isa menunju Alun-alun Engku Putri, jika mengalami kepadatan pengendara akan alihkan di depan kantor Graha Kepri.

"Pada pukul 23.00 sampai pukul 01.00 WIB, tiga lokasi tadi akan ditutup menyeluruh. Pengendara tidak diperbolehkan masuk," jelasnya.

Selain itu, dua lokasi lain yang juga akan dilakukan rekaya lalu lintas yakni Tanjung Pinggir dan jalan depan Kawasan Harbour Bay. Kedua lokasi tersebut kemungkinan  juga akan ditutup sepenuhnya pada pukul 23.00 hingga pukul 01.00 WIB.

"Untuk di Tanjung Pinggir, pada pukul 23.00 hingga pukul 01.00 WIB, akan diputar balik didepan RS BP Batam. Jadi itu nantinya tidak ada pengendara yang masuk ke dalam. Kemudian untuk di Harbour Bay, kalau memang sudah padat arus lalin akan diluruskan dari arah pasar pagi menuju Batu Ampar. Lurus, tak ada putar balik," katanya.

Tidak hanya di lokasi-lokasi tersebut, pihaknya juga akan menyiagakan anggota Satlantas jika terjadi kepadatan di daerah lainnya saat pergantian malam tahun baru

Editor : Johan Utoyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut