get app
inews
Aa Read Next : Erupsi Gunung Marapi, Hasil Panen Petani Turun 50 Persen

Status Marapi Meningkat Siaga, Warga Dihimbau Jauhi Puncak Radius 4,5 M

Rabu, 10 Januari 2024 | 17:16 WIB
header img
Erupsi Gunung Marapi Sumatera Barat. (Foto: iNews)

PADANG, iNewsBatam.id - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMG) menaikkan statuas Gunung Marapi Sumatera Barat dari level II (waspada) menjadi level III (siaga), sejak Selasa (9/1/2023). Dengan status tersebut, pihaknya melarang warga untuk tidak mendekat di area 4,5 KM dari puncak gunung. 

Kepala PVMG, Hendra Gunawan menjelaskan, pascaerupsi 3 Desember 2023, erupsi lanjutan masih berlangsung hingga saat ini. Jumlah erupsi harian cenderung menurun namun sebaliknya jumlah gempa low frequency dan vulkanik dalam cenderung meningkat.

“Ini mengindikasikan pasokan magma dari kedalaman masih terjadi dan cenderung meningkat, kemudian aktivitas erupsi yang teramati secara visual dan masih terekam gempa erupsi dan gempa hembusan yang disertai dengan tremor menerus menunjukkan aktivitas gunung Marapi masih tergolong tinggi,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/1/2024). 

Hendra menjelaskan, dasar kawah teramati pancaran sinar api di puncak dari puncak gunung Marapi pada tanggal 6 Desember 2023 malam hari.

Kemudian adanya lontaran material pijar pada erupsi-erupsi menunjukkan bahwa telah terjadi Jika pasokan magma dari kedalaman terus berlangsung dan cenderung meningkat maka erupsi dapat terjadi dengan energi yang lebih besar dengan ancaman bahaya dari lontaran material vulkanik berukuran batu (bom) dan pasir.  

“Ini diperkirakan dapat menjangkau wilayah radius 4,5 km dari pusat erupsi. Sedangkan untuk ancaman dari abu erupsi dapat menyebar lebih,” ujarnya. 

Editor : Johan Utoyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut