get app
inews
Aa Read Next : Waspada, 3 Penyakit Ini Rentan Terjadi saat Puasa

6 Cara ini Bisa Turunkan Gula Darah Secara Alami

Sabtu, 20 Januari 2024 | 15:27 WIB
header img
Kontrol Gula darah. (foto: ist)

BATAM, iNewsBatam.id - Pasien diabetes harus rutin mengontrol gula darah. Biasanya, penderita diabetes akan mengonsumsi obat oral maupun insulin untuk menurunkan kadar gula darah.

Namun, sebenarnya ada cara lain yang bisa dilakukan. Dikutip dari Dinkes Semarang Kota, Kamis (18/1/2024), ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menurunkan gula darah di dalam tubuh tanpa harus meminum obat. Berikut 6 cara menurunkan kadar gula darah: 

1. Pilihlah makanan dengan indeks glikemik rendah

Indeks glikemik merupakan angka yang menunjukkan kecepatan suatu makanan untuk menaikkan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Pengidap gula darah tinggi disarankan mengonsumsi makan dengan indeks glikemik rendah agar kadar gula darah tidak melonjak cepat. Contoh makanan ini adalah sayuran hijau, kacang merah, wortel, dan oat.

2. Kontrol porsi makanan

Tak hanya membatasi asupan karbohidrat, bagi Anda yang memiliki gula darah tinggi juga sebaiknya perlu membatasi porsi makanan untuk mengurangi asupan kalori dan mencegah lonjakan gula darah. Sebaiknya atur pola makan Anda dengan porsi kecil secara perlahan dan selalu membaca jumlah kalori pada label makanan kemasan sebelum mengonsumsinya.

3. Konsumsi banyak serat

Makanan dengan tinggi serat juga bisa memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula dalam tubuh, sehingga bisa mencegah gula darah melonjak naik dengan cepat. Tak hanya menstabilkan gula darah, makanan tinggi serat juga bisa menahan nafsu makan, sehingga cocok untuk dikonsumsi setiap hari.

Berbagai makanan tinggi serat yang bisa kamu pilih seperti buah-buahan, sayur, oatmeal, makanan dari gandum, dan kacang-kacangan.

Editor : Johan Utoyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut