get app
inews
Aa Read Next : Waspada!, 5 Penyakit Ini Sering Muncul Usai Lebaran

Asam Urat Kambuh? Atasi Dengan 7 Cara Ini

Selasa, 30 Januari 2024 | 10:46 WIB
header img
Asam urat kambuh. (Foto: Shutterstock/Ilustrasi)

BATAM. iNewsBatam.id - Asam urat merupakan penyakit yang menyebabkan radang sendi. Penyakit ini akan membuat penderita mengalami nyeri yang hebat, pembekakan, kemerahan, dan menyebabkan rasa sakit apabila persendian ditekan, terutama pada jempol kaki.

Penyakit asam urat dapat terjadi secara tiba-tiba. Biasanya pada jari, pergelangan dan lutut. Rasa sakit dari penyakit ini kerap menimbulkan sensasi terbakar.

Menjaga pola makan bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi resiko asam urat, mengurangi makanan yang mengandung purin tinggi dapat mengurangi resiko terkena asam urat.

Lalu apa saja obat rumahan asam urat? Dilansir dari Medicalnewstoday.com, berikut ini obat asam urat rumahan:

1. Mengompres sendi menggunakan es

Menerapkan kompres es yang tertutup kain ke sendi dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi akibat asam urat.

Anda bisa mencoba tempelkan kompres es atau benda dingin lainnya yang dibungkus dengan handuk tipis selama 20–30 menit untuk membantu meredakan nyeri.


2. Mengurangi stres

Stres yang meningkat dapat memperburuk gejala asam urat. Meskipun tidak dapat menghindari semua penyebab stres, namun anda bisa mencoba tips berikut untuk mengurangi tingkat stres, seperti olahraga ringan, melakukan liburan dan refreshing.

3. Banyak minum air putih

Ketika seseorang menderita asam urat, mereka dapat mengalami pembengkakan dan peradangan yang signifikan. Salah satu cara untuk mengurangi gejala adalah dengan lebih banyak meminum air putih.

Meningkatkan konsumsi cairan dapat memicu ginjal untuk mengeluarkan cairan dengan lebih banyak, dengan begitu dapat mengurangi pembengkakan pada penderita asam urat.

Meskipun air putih adalah salah satu solusi terbaik. Penderita asam urat harus menghindari alkohol dan soda, yang mengandung purin tinggi.

4. Mengangkat sendi yang sakit

Asam urat dapat menyebabkan nyeri dan bengkak, terutama pada kaki, tangan, lutut, dan pergelangan kaki. Salah satu cara untuk mengurangi pembengkakan adalah dengan meninggikan sendi yang terkena.

Editor : Johan Utoyo

Follow Berita iNews Batam di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut