get app
inews
Aa Read Next : Kerap Jadi Lokasi Bunuh Diri, Polisi Minta Pemasangan CCTv di Sekitar Jembatan Barelang Batam

Gigitan Capung ke Pusar Bisa Bikin Anak Berhenti Ngompol?, Berikut Faktanya

Kamis, 07 Maret 2024 | 08:00 WIB
header img
Benarkah gigitan capung ke pusar bisa bikin anak berhenti ngompol?. (Foto: ist)

BATAM, iNewsBatam.id - Ngompol merupakan hal yang lumrah bagi anak usia 5-7 tahun. Sebab, anak-anak belum menyadari sinyal alamiah yang diberikan tubuh ketika hendak buang air kencing ke toilet. 

Meski begitu, berbagai cara pun dilakukan agar kebiasaan tersebut bisa berhenti. Salah satu cara yang sering dilakukan orang tua di Indonesia adalah menempelkan kepala capung ke pusar anak.

Kepercayaan ini pun masih cukup familiar dan dilakukan oleh sebagian orang. Mereka rela menangkap capung, lalu menempelkan bagian kepala capung ke pusar yang ada di perut anak. 

Setelah melakukan hal tersebut, biasanya orangtua percaya bahwa sang anak tidak akan lagi ngompol saat tidur.

Namun apakah benar gigitan capung pada pusar anak ampuh membuat anak anti ngompol?

Dokter sekaligus Konten Kreator Kesehatan, dr. Nadia Alaydrus mengungkapkan kalau ternyata cara  tersebut adalah mitos belaka. Hal ini karena tidak ditemukan bukti ilmiah terkait dengan kebiasaan tersebut.

Tak cuma itu, dr. Nadia pun menjelaskan menempelkan capung ke pusar anak dapat membuat kulit anak iritasi. Sebab kulit anak-anak masih sangat sensitif. Selain itu, hal tersebut juga bisa memicu trauma hingga phobia pada anak.

“Faktanya rahang capung itu gak kuat untuk menggigit manusia, yang ada justru malah bisa bikin kulit iritas, anak trauma sama capung atau malah phobia,” kata dr. Nadia, dikutip dari unggahan dalam akun Instagramnya @nadialaydrus, Rabu (6/3/2024).

Editor : Johan Utoyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut