get app
inews
Aa Read Next : Ibu Hamil Dilarang Mengkonsumsi Terong, ini Alasannya

Mengenal USG Fetomaternal dengan AI untuk Pemeriksaan Janin, Ini Cara Kerjanya!

Rabu, 17 Juli 2024 | 11:44 WIB
header img
USG Fetomaternal dengan AI untuk pemeriksaan janin ibu hamil. Foto: Freepik.com

SURABAYA, iNews.id - Ultrasonografi (USG) adalah prosedur untuk mengambil gambar dari bagian tubuh tertentu dengan menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi.

USG merupakan alat penting dalam pelayanan medis untuk mendapatkan diagnosis yang tepat, baik dalam skrining maupun diagnosis.

Salah satunya adalah USG Fetomaternal yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan gambaran yang lebih rinci pada ibu hamil. Pemeriksaan ini hanya dilakukan oleh dokter spesialis fetomaternal dan mirip dengan teknologi USG 4D.

Dokter Fransiscus Octavius Hari Prasetyadi SpOG Subspes KFM National Hospital menjelaskan bahwa USG Fetomaternal bertujuan untuk mengidentifikasi kelainan genetik, masalah pembentukan organ, risiko kelahiran prematur, dan risiko keguguran sejak dini.

"Pada dasarnya, USG Fetomaternal membantu dalam menentukan apakah kehamilan berlangsung normal atau menghadapi komplikasi pada janin dan ibunya," kata dr. Fransiscus dalam acara peluncuran USG Fetomaternal pertama di Jawa Timur, yang baru-baru ini diadakan di National Hospital.

Dokter Fransiscus menambahkan bahwa trimester pertama kehamilan adalah waktu yang tepat untuk melakukan skrining detail karena banyak informasi penting yang dapat diprediksi untuk mengarahkan pengelolaan kehamilan selanjutnya.

"Kami bisa mengevaluasi risiko seperti preeklampsia, hipertensi kehamilan, pertumbuhan janin, dan kemungkinan persalinan prematur," tambah dr. Fransiscus.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut