get app
inews
Aa Read Next : Personel Bakamla Beri Tambahan Pendidikan untuk Anak-anak Pulau Terpencil Natuna

Bakamla RI: Tak Ada Kapal Asing yang Beroperasi di Laut Natuna Utara

Kamis, 25 Juli 2024 | 14:53 WIB
header img
Kepala Bakamla RI, Laksamana Madya TNI Irvansyah setelah melakukan groundbreaking Sistem Peringatan Dini di Natuna. (Foto: Alfie/iNewsBatam.id)

NATUNA, iNewsBatam.id - Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI mengklaim bahwa negara tetangga telah mengakui tapal batas wilayah Indonesia di Laut Natuna Utara.

Sejak awal tahun ini, tidak ada laporan mengenai keberadaan kapal asing atau kapal ikan asing yang beroperasi di wilayah tersebut.

Laksamana Madya TNI Irvansyah, Kepala Bakamla RI, mengungkapkan bahwa meskipun belum menemukan kapal asing, patroli terus dilakukan secara bergantian dengan TNI AL di Laut Natuna Utara.

“Saat ini kami belum menemukan adanya kapal asing di Laut Natuna Utara. Kelihatannya negara tetangga semakin menyadari bahwa ini adalah wilayah Indonesia dan saling menghormati batas wilayah masing-masing negara,” ujar Laksamana Madya TNI Irvansyah.

Ia juga menyebutkan bahwa Bakamla telah mengerahkan empat kapal untuk patroli di Laut Natuna Utara, meskipun jumlah tersebut diakui tidak cukup untuk wilayah yang luas tersebut.

“Kami berkoordinasi dengan TNI AL, KKP, dan Polri untuk memaksimalkan patroli di sana,” tambahnya.

Irvansyah menekankan pentingnya kerjasama dengan nelayan Natuna untuk memberi informasi jika ada gangguan di wilayah perairan tersebut, agar Bakamla dapat memberikan bantuan yang dibutuhkan.

Editor : Gusti Yennosa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut