Jaga Ginjal Tetap Sehat, Lakukan 5 Kebiasaan Sederhana Ini

Hasyim Ashari
Minum air putih membantu membersihkan natrium dan racun dari ginjal Anda. Ini juga menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. (Foto: Suez)

 

3. Perbanyak minum air putih 

Seperti dilansir dari Healthline, minum 8 gelas sehari terdengar klise namun sebenarnya penting untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh. Hal ini dilakukan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Asupan air yang cukup juga dapat membantu ginjal tetap dalam kondisi sehat. 

Air membantu membersihkan natrium dan racun dari ginjal Anda. Ini juga menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. 

Usahakan setidaknya 1,5 hingga 2 liter dalam sehari. Persis berapa banyak air yang Anda butuhkan tergantung pada kesehatan dan gaya hidup. Faktor-faktor seperti iklim, olahraga, jenis kelamin, kesehatan secara keseluruhan, dan apakah Anda sedang hamil atau menyusui penting untuk dipertimbangkan saat merencanakan asupan air harian Anda.

4. Stop Merokok 

Merokok merusak pembuluh darah tubuh Anda. Hal ini menyebabkan aliran darah lebih lambat ke seluruh tubuh Anda dan ke ginjal Anda. 

Merokok juga menempatkan ginjal Anda pada peningkatan risiko kanker. Jika Anda berhenti merokok, risiko Anda akan turun. Namun, itu akan membutuhkan bertahun-tahun untuk kembali ke tingkat risiko seseorang yang tidak pernah merokok. 

5. Pantau berat badan dan makan makanan yang sehat 

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas berisiko mengalami sejumlah kondisi kesehatan yang dapat merusak ginjal. Ini termasuk diabetes, penyakit jantung, dan penyakit ginjal. 

Diet sehat yang rendah sodium, daging olahan, dan makanan lain yang merusak ginjal dapat membantu mengurangi risiko kerusakan ginjal. Fokus pada makan bahan-bahan segar yang secara alami rendah sodium, seperti kembang kol, blueberry, ikan, biji-bijian, dan banyak lagi.

Editor : Hendra Zaimi

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network