Masuk Imsak Jangan Cemas Masih Bisa Makan Minum Sahur

Vitrianda Hilba Siregar
Imsak sering disalahpahami sebagai waktu awal berpuasa, termasuk di bulan Ramadhan ini. Padahal, imsak sebenarnya adalah pengingat akan masuknya waktu subuh, bukan waktu untuk berhenti makan dan minum. Foto: Freepik

BATAM, iNewsBatam.id - Imsak sering disalahpahami sebagai waktu awal berpuasa, termasuk di bulan Ramadhan ini. Padahal, imsak sebenarnya adalah pengingat akan masuknya waktu subuh, bukan waktu untuk berhenti makan dan minum.

Waktu imsak umumnya 10-15 menit sebelum waktu subuh. Tujuannya, agar umat Islam memiliki waktu untuk bersiap-siap menyambut salat subuh, seperti berwudhu dan memakai mukena.

Waktu mulai berpuasa adalah saat terbitnya fajar shadiq, yaitu cahaya putih yang muncul di ufuk timur. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 187:

"Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar."

Oleh karena itu, jika masih ada waktu setelah imsak dan sebelum fajar shadiq, umat Islam masih diperbolehkan untuk makan dan minum.

Kekeliruan memahami imsak sebagai waktu awal puasa bisa berakibat pada kekurangan pahala karena tidak memaksimalkan waktu untuk sahur.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network