Foto Camat dan Lurah Pamer Simbol Paslon Tertentu, Bawaslu Batam Selidiki

Pratamayude
Camat dan Lurah di Batuampar, Batam berfoto bersama dengan Calon Wakil Wali Kota Batam nomor urut dua, Li Claudia Chandra. (Foto: ist)

BATAM, iNewsBatam.id - Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pilkada Kota Batam kembali menuai sorotan. Dugaan keberpihakan oknum ASN terhadap salah satu pasangan calon pun menguat.

Seperti laporan yang diterima oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam
Laporan tersebut mengarah kepada Camat Batu Ampar dan beberapa orang lurah di kecamatan tersebut yang diduga mendukung salah satu pasangan calon.

Ketua Bawaslu Kota Batam, Antonius Itoloha Gaho membenarkan adanya laporan tersebut dan saat ini masih tahap pengkajian.

"Iya ada masuk (laporannya), jam 4 sore tadi. Sudah kami terima dan sekarang masih dalam kajian," ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (4/10/2024).

Dia menyebutkan, untuk hasil dari pengkajian laporan tersebut tergantung proses yang berjalan.

"Kalau cepat, besok mungkin sudah bisa diumumkan hasilnya," kata dia.

Terpisah, pelapor yakni Ketua Relawan Bernadi Muda Binsar H  Pasaribu mengatakan bahwa laporan dugaan ketidaknetralan ASN ini ditujuan kepada Camat Batu Ampar, Lurah Batu Merah, Lurah Tanjung Sengkuang, Lurah Sungai Jodoh dan Lurah Kampung Seraya.

Dia melaporkan hal tersebut setelah mendapati adanya foto ASN tersebut berfoto dengan Calon Wakil Wali Kota Batam Li Claudia Chandra yang diduga dilakukan setelah penetapan nomor urut oleh KPU Batam.

"Dalam foto tersebut, mereka juga menunjukkan simbol nomor urut. Kemudian mereka juga berfoto dengan latar belakang baliho ASLI," kata dia.

Dia berharap laporan tersebut sesegera mungkin diproses oleh Bawaslu, sekaligus menjadi pelajaran bagi ASN untuk menjaga netralitas dalam pesta demokrasi.

"Mereka (ASN) harus mengetahui bahwa jabatan mereka itu mengikat terkait netralitas terhadap pemilu," katanya.



Editor : Gusti Yennosa

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network