Bandara Hang Nadim Batam Beri Diskon Tarif Sambut Natal dan Tahun Baru

Pratamayude
Pjs Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam, Annang Setia Budhi. (Foto: Yude/iNews.id)

BATAM, iNewsBatam.id - Bandara Internasional Hang Nadim Batam (BIB) menyiapkan sejumlah langkah khusus untuk menyambut perayaan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru).

Mulai dari penyesuaian tarif jasa kebandarudaraan hingga penyelenggaraan berbagai event tematik bernuansa Natal disiapkan demi meningkatkan kenyamanan penumpang.

Pjs Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam, Annang Setia Budhi, mengatakan kebijakan tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam menurunkan harga tiket pesawat selama periode Nataru.

“Manajemen PT Bandara Internasional Batam bersama BP Batam memberikan potongan tarif jasa kebandarudaraan sebagai upaya mendukung kelancaran mobilitas masyarakat selama Natal dan Tahun Baru,” ujar Annang di Batam, Selasa (16/12/2025).

Kebijakan ini mengacu pada Surat Menteri Perhubungan RI Nomor PR.303/1/8/MHB/2025 tertanggal 30 September 2025 tentang pengenaan potongan harga tarif jasa kebandarudaraan pada periode Natal 2025 dan Tahun Baru 2026.

Adapun potongan tarif yang diberikan meliputi Tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) serta Tarif Pelayanan Jasa Pendaratan, Penempatan, dan Penyimpanan Pesawat Udara (PJP4U) di Bandara Hang Nadim Batam.

Annang menegaskan, penurunan harga tiket pesawat merupakan hasil kolaborasi berbagai pihak, termasuk maskapai penerbangan.

“Kalau ada penurunan harga tiket, biasanya merupakan kombinasi kebijakan. Tidak hanya dari bandara, tapi juga dari maskapai,” katanya.

Selain kebijakan tarif, BIB juga menyiapkan berbagai kegiatan tematik Natal untuk menciptakan suasana perjalanan yang lebih hangat dan berkesan. Pihak bandara akan berkoordinasi dengan tenant menghadirkan dekorasi bernuansa Natal di area terminal.

Sejumlah kegiatan turut disiapkan, antara lain program belanja Christmas Event dengan penukaran struk menjadi kupon atau voucher, pertunjukan musik akustik live dari H-7 Natal hingga H+7 Tahun Baru, hingga pengalungan bagi penumpang pertama dan terakhir selama periode Nataru. Bandara juga akan membagikan boneka gratis kepada penumpang.

“Seluruh kegiatan ini merupakan inisiatif dari PT Bandara Internasional Batam untuk memberikan pengalaman perjalanan yang lebih menyenangkan,” ujar Annang.

Dari sisi operasional, Bandara Hang Nadim Batam menyiagakan 346 personel guna memastikan pelayanan berjalan optimal selama periode Nataru.

Layanan pengaduan juga disiapkan melalui berbagai kanal, mulai dari barcode pengaduan, kotak saran, layanan pelanggan, hingga media sosial resmi bandara.

“Kami memastikan seluruh pegawai memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” katanya.

Terkait potensi keterlambatan penerbangan, Annang menegaskan hal tersebut menjadi tanggung jawab maskapai. Meski demikian, pihak bandara tetap berupaya mengantisipasi kepadatan di ruang tunggu agar penumpang tetap merasa nyaman selama berada di bandara.

Editor : Gusti Yennosa

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network