get app
inews
Aa Read Next : Velentino Rossi Menyesal Pensiun dari MotoGP, Ini Penyebabnya

Faktor Usia, Penyebab Valentino Rossi Tampil Buruk Jelang Pensiun dari MotoGP

Sabtu, 13 November 2021 | 18:25 WIB
header img
Juara dunia tujuh kali MotoGP, Valentino Rossi mengaku faktor usia jadi penyebab penampilannya menurun jelang pensiun dari MotoGP. (Foto: MotoGP.com)

VALENCIA, iNewsBatam.id - Juara dunia tujuh kali Valentino Rossi mengaku faktor usia menjadi penyebab penampilannya menurun jelang pensiun dari MotoGP. 

The Doctors menganggap balapan MotoGP saat ini jauh lebih sulit karena diisi oleh pembalap-pembalap cepat. Bahkan dia menilai para pesaing lebih cepat dibandingkan masa-masa keemasannya. 

Sebagaimana diketahui, pria yang sudah dua dekade di dunia balap motor ini menutup rangkaian sembilan kali juara dunia pada 2009 lalu. Setelahnya, dia tampak kesulitan mencapai performa terbaik. 

Puncaknya sejak 2018, Rossi bahkan sudah kehilangan taji bersaing di papan atas klasemen MotoGP. Namanya terdampar di papan tengah di bawah para pembalap baru yang usianya jauh lebih muda. 

Pembalap berusia 42 tahun ini pun menyadari  faktor usia dan bagaimana beradaptasi dengan penyesuaian motor yang juga semakin modern membuatnya kesulitan. Namun jika usianya 20 tahun lebih muda atau setara dengan Quartararo, Rossi berpikir bisa bertarung di posisi depan.

“Sulit untuk menjawabnya, tapi saya pikir, iya (bisa bersaing jika seusia). Tentu yang pasti jika saya 20 tahun lebih muda, saya bisa memperjuangkan kemenangan. Saya ingin mengatakan ya,” ucap Rossi dikutip laman Crash, Sabtu (13/11/2021). 

"MotoGP sekarang seperti ini karena semua pembalap sangat cepat dan sangat siap untuk setiap balapan. Motornya semua sangat mirip, juga motor non-pabrikan dan saya pikir ini bagus tentang MotoGP. Terutama untuk para penggemar,” lanjutnya. 

Rossi pun melanjutkan momen terkuat sepanjang kariernya di MotoGP. Dia menilai periode 2001-2005 adalah momen puncak kariernya. Rentang waktu ini dia bersama Yamaha berhasil meraih gelar juara lima tahun berturut-turut. 

Rossi pun akan melakoni balapan terakhirnya di MotoGP Valencia 2021 pada Minggu (14/112021). Namun sejauh ini, pembalap asal Italia ini tampil kurang apik di dua sesi latihan bebas karena berakhir di posisi terakhir. 

Sejauh ini, Rossi menempati posisi 20 klasemen sementara MotoGP 2021. Dia mengumpulkan 38 poin dengan belum pernah menang dan naik podium sama sekali di musim ini.

Editor : Hendra Zaimi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut