get app
inews
Aa Read Next : Pengakuan Pria Batam Calo Rekrutmen Polri: Uang Hasil Menipu Habis untuk Judi

3 Pelaku Penipuan Lowongan Kerja Palsu Diamankan, Polisi Dalami Keterlibatan AS 

Rabu, 08 Desember 2021 | 14:23 WIB
header img
Kasat Reskrim Polres Karimun, AKP Arsyad Riyandi, menjelaskan perihal penangkapan tiga pelaku penipuan lowongan kerja.(Foto:Batam.iNews.id/Ricky Robian Syah)

KARIMUN, iNewsBatam.id - Tiga pelaku penipuan dengan modus penawaran lowongan kerja (loker) diamankan Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Karimun.

Ketiga pelaku berjenis kelamin wanita itu, diamankan sebagai tindak lanjut atas laporan pencaker (pencari kerja) ke polisi yang menjadi korban penipuan.

Tiga orang wanita itu, masing- masing memiliki peran sebagai pemberi informasi dan pengrekrut pelamar. Mereka juga diketahui meminta uang lelah sebesar Rp200 ribu kepada pelaku.

Kasat Reskrim Polres Karimun, AKP Arsyad Riyandi mengatakan, ketiga terduga pelaku tersebut diamankan karena langsung berhubungan dengan para Pencaker.

Ketiganya, kata dia, telah dilakukan pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut mengenai dugaan kasus penipuan loker tersebut.

"Ketiga wanita ini yang menerima uang dan mencari siapa saja (pencaker) yang daftar, pemeriksaan dan penyelidikan sudah kami lakukan" kata Arsyad.

Mengenai terduga pelaku lainnya, yakni seorang pria berinisial AS, Arsyad menjelaskan, pihaknya sedang mendalami keterlibatannya dalam kasus tersebut.

"Sementara diduga top manager (terduga pelaku AS) akan kita dalami lebih lanjut. Selama ini, yang bersentuhan langsung dengan korban untuk mencari pendaftar dan yang menerima uang adalah ketiga wanita yang kita amankan ini," katanya.

Arsyad mengatakan, para terduga pelaku ini diketahui memingta uang kepada para pelamar pekerjaan. Namun, untuk jumlahnya hingga saat ini masih belum diketahui.

"Memang ada uang yang diminta kepada korban dan nilai yang diminta bervariasi diatas Rp1,5 juta, saya tidak bisa pastikan berapa totalnya karena masing-masing korban bervariasi dalam menyetor uangnya," tukasnya.
 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut