get app
inews
Aa Read Next : Kendala Cuaca Tak Surutkan Semangat Pos IND Bagikan Bansos PKH dan Sembako di Batam

Berlibur ke Batam, 6 Kuliner Khas ini Bisa Jadi Oleh-oleh

Selasa, 26 Desember 2023 | 11:52 WIB
header img
Kuliner Khas Batam, Gonggong (Foto: Catatan Kaki)

BATAM, iNewsBatam.id - Batam adalah kota terbesar di provinsi Kepulauan Riau, Kota ini merupakan bagian dari kawasan khusus perdagangan bebas Batam–Bintan–Karimun (BBK) dan berada di jalur pelayaran internasional karena memiliki jarak yang sangat dekat dan berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. 

Selain itu, Batam juga memiliki berbagai tempat wisata dan spot kuliner ciamik. Hal inilah yang membuat kota tersebut menjadi salah satu pilihan tempat berlibut baik daerah sekitar maupun mancanegara. 

Jika anda Berlibur kesini ada beberapa rekomendasi kuliner yang bisa menjadi oleh-oleh saat pulang nantinya.

Berikut 6 oleh-oleh khas Batam:

1. Gonggong

Gonggong merupakan nama dari makhluk hidup atau biota laut yang hidup di Kepulauan Riau. Sekilas bentuknya menyerupai keong, dan merupakan jenis siput laut dengan ukuran sedang dan panjang sekitar 7 cm.

Ada 4 jenis gonggong yang biasa dikonsumsi yaitu, gonggong ayam, gonggong putih cangkang tipis, gonggong putih cangkang tebal, dan gonggong merah cangkang tebal.

Cara mengolah gonggong yakni hanya dengan cara merebusnya. Tekstur dagingnya kenyal, namun kakinya disarankan untuk tidak dimakan karena cukup tajam dan bergerigi khawatir akan melukai mulut Anda.

2. Bingka Bakar

Bingka Bakar merupakan sajian kue khas suku Melayu ini memiliki tekstur padat, namun lembut di dalamnya. Kue ini cukup harum karena berasal dari daun pandan.

Camilan ini memiliki beberapa varian rasa, Bingka Bakar pandan adalah versi originalnya sedangkan ada pula Bingka Bakar rasa cokelat, Bingka Bakar jagung, Bingka Bakar wijen, Bingka Bakar keju dan Bingka Bakar buah naga yang menjadi varian rasa buahnya.

3. Stik Buah Naga

Kawasan Rempang Galang, Kota Batam memang terkenal sebagai produsen buah naga di Provinsi Kepulauan Riau.

Hasil panen buah naga dari perkebunan yang berukuran ratusan hektar tersebut, kemudian diolah menjadi beragam jenis panganan, salah satunya yaitu Stik Buah Naga. Rasa buah naga yang dominan serta gurih membuatnya digemari masyarakat maupun wisatawan.

4. Bilis Molen

Makanan khas Batam yang satu ini dinamakan Bilis Molen karena bentuknya yang digulung. Kuliner ini juga cukup terkenal dengan nama Bilis Gulung. Bilis Molen adalah jenis kue yang sering dijadikan sebagai snack atau camilan yang berbahan dasar Ikan Bilis.

Ikan Bilis sendiri merupakan jenis ikan air laut yang berwarna abu-abu kehijauan dan ukurannya kecil seperti teri jengki.

5. Kek Pisang Villa

Kue berbahan pisang khas Batam ini dinamakan Kek Pisang Villa yang merupakan pelafalan dari Cake Pisang Villa.

Terbuat dari adonan bercampur pisang ini menghasilkan tekstur kue yang lembut dengan rasa pisang yang legit dan khas.


6. Luti Gendang

Luti Gendang merupakan roti khas Batam yang berbentuk oval atau lonjong memanjang. Memiliki tekstur luar roti yang renyah dan lembut di bagian dalamnya serta isinya terasa gurih.

Luti sendiri dalam bahasa Melayu berarti roti, berbahan dasar tepung berisikan abon ayam atau abon ikan tuna yang telah dicampur dan dibumbui dengan ramuan khas.

Sumber: OkeZone
 

Editor : Johan Utoyo

Follow Berita iNews Batam di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut