get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuara Batam Rabu 24 April 2024: Didominasi Cerah namun Ada Potensi Hujan Ringan Siang Hari

BMKG Prediksi Puncak Musim Hujan Terjadi Hingga Awal Februari

Selasa, 16 Januari 2024 | 14:25 WIB
header img
Musim Hujan (foto: ilustrasi/Ruslan/iNewsBatam.id)

JAKARTA, iNewsBatam.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim hujan berlangsung sampai pekan pertama Februari 2024. Sementara pancaroba diprediksi akan terjadi pada Maret-Mei 2024. 

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan, Puncak hujan  prediksi masih akan terjadi hingga minggu ketiga bulan Januari ini sampai minggu pertama di bulan Februari. “Kalau kita lihat sekiranya akan terjadi sampai bulan April ya, kalau kita lihat kan Desember, Januari, Februari itu merupakan musim hujan, nanti Maret, April, Mei itu merupakan musim pancaroba dari hujan menuju ke kemarau,” katanya Selasa (16/1/2024).

Guswanto pun mengingatkan masyarakat mengantisipasi bahaya bencana hidrometeorologi basah akibat cuaca ekstrem yakni banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, hingga angin puting beliung. 

“Kemudian kalau kita melihat bagaimana antisipasi masyarakat, saya melihat untuk antisipasi masyarakat yang perlu dilakukan yang pertama yaitu tetap tenang dan waspada akan adanya bencana hidrometeorologi yang disebabkan karena cuaca ekstrem, misalkan banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, angin puting beliung itu yang perlu diwaspadai,” katanya.    

Editor : Johan Utoyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut