get app
inews
Aa Read Next : RSUD Natuna Bakal Miliki Fasilitas Rawat Jalan Polio, Beroperasi Tahun 2025

Masih Minim, Dirut RSUD Natuna Ajak Masyarakat Donor Darah

Kamis, 18 Januari 2024 | 09:59 WIB
header img
Dirut RSUD Natuna, dr Ari Fajarudi. (foto: M Fadli / iNews Batam)

NATUNA, iNewsBatam.id - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Natuna, dr. Ari Fajarudi mengajak masyarakat untuk mau mendonorkan darah. Hal tersebut sebagai bentuk peduli  terhadap sesama.

"Donor darah tidaklah membahayakan bahkan bisa menjadi pahlawan yang sesungguhnya. Masyarakat yang mendonorkan darahnya berpotensi menyelamatkan nyawa orang lain. Setitik darahmu sangat berarti," kata Dirut RSUD Natuna dr. Ari, Rabu (17/01/2024).

Dilihat dari perkembangannya, ketersediaan darah tidak sebanding dengan yang dibutuhkan. Untuk itu dalam upaya pemenuhan darah yang berkelanjutan di Kabupaten Natuna, masyarakat punya peran dan posisi tersendiri.

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kebutuhan darah 2% dari jumlah penduduk. Sedangkan stok darah yang ideal 4 kali kebutuhan harian.

"Satu orang pendonor menghasilkan 1 kantong darah sedangkan 1 pasien yang memerlukan bisa mencapai 4 kantong, sementara di Natuna masih minim pendonor. Tahun lalu banyak yang mendonorkan darahnya dari pihak TNI/Polri," tuturnya.

Pihaknya mengajak masyarakat agar mau untuk melakukan donor darah guna menolong orang yang membutuhkan. "Saya berharap semua pihak ikut terlibat karena donor darah tidak hanya menjadi tugas RSUD Natuna, Palang Merah Indonesia (PMI) dan Puskesmas, tetapi tugas kita bersama," ungkapnya.

Ia menjelaskan, betapa pentingnya stok darah yang cukup di RSUD Natuna. terlebih lagi jika keadaan darurat atau ketika seseorang membutuhkan darah semuanya sudah tersedia. "Pendonor darah dengan berat badan 45 kg,  tensi 130 dan tidak mempunya penyakit yang serius, dapat mendonorkan darahnya di RSUD Natuna," katanya.

Ia berharap gengan melibatkan masyarakat dalam donor darah, dapat menciptakan kesadaran yang lebih tinggi dan lebih peduli. "Donor darah merupakan peran semua pihak yang mendukung terhadap penyediaan darah di Kabupaten Natuna," pungkasnya.

Editor : Johan Utoyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut