get app
inews
Aa Read Next : RSUD Natuna Bakal Miliki Fasilitas Rawat Jalan Polio, Beroperasi Tahun 2025

RSUD Natuna Butuh 120 Kantong Darah Tiap Bulan, Tertinggi untuk Cuci Darah

Senin, 22 Januari 2024 | 18:07 WIB
header img
Kepala Dinkes Natuna, Hikmat Aliansyah. (Foto: M Fadli / iNews Batam)

NATUNA, iNewsBatam.id - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Natuna, Hikmat Aliansyah mengatakan, RSUD Natuna membutuhkan pasokan darah sebanyak 120 kantong setiap bulannya. Untuk mencukupi kebutuhan tersebut, RSUD Natuna akan mengadakan kegiatan donor darah rutin setiap bulan.

"RSUD akan mengusahakan tiap bulan untuk memenuhi target 120 kantong, hanya saja tempatnya berbeda-beda," tutur Hikmat, Senin (22/01/2024).

Dijelaskannya, kebutuhan tertinggi paling banyak digunakan untuk pasien yang mencuci darah. Saat ini tercatat sebanyak 26 orang pasien yang rutin membutuhkan.

"Ada 26 orang, mereka harus rutin mencuci darahnya, ada yang sekali seminggu, 2 kali seminggu dan ada juga yang seminggu 3 kali. Disamping itu ada juga untuk kebutuhan mendesak," katanya.

Hikmat mengatakan, stok darah yang mencukupi sangat penting untuk keperluan transfusi darah bagi pasien di rumah sakit dan pelayanan kesehatan lainnya.

Untuk mencukupi kebutuhan, pihaknya akan melaksanakan donor darah massal yang akan dilaksanakan hari Rabu (24/1/2024).

"Hari Rabu akan diadakan donor darah di Kantor Bupati Natuna. Kegiatan ini melibatkan TNI/Polri, OPD, serta Organisasi Masyarakat," ulas Hikmat.

Ia juga menjelaskan, untuk saat ini target donor darah tidak banyak dikarenakan keterbatasan kantong darah yang dimiliki Rumah Sakit Daerah Natuna (RSUD) hanya sebanyak 70 kantong.

"Ketersediaan kantong darah terbatas, jadi kita meminta pihak RSUD untuk menyiapkan 70 kantong darah saja. Sementara kantong darah yang dipesan akan datang lagi pada hari kamis," ucapnya.

Editor : Johan Utoyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut