get app
inews
Aa Read Next : Suami Nikah Lagi, Seorang Ibu Muda di Tanggamus Ajak 3 Anaknya Terjun ke Laut

Bisa Dicegah, 8 Ciri ini Gejala Orang Ingin Bunuh Diri

Sabtu, 27 Januari 2024 | 11:56 WIB
header img
Ilustrasi Gangguan Jiwa (ist)

BATAM, iNewsBatam.id - Bunuh diri bukanlah penyakit mental, melainkan konsekuensi serius dari gangguan mental yang dapat diobati yang mencakup depresi berat, gangguan bipolar, gangguan stres pasca trauma

Bisa juga karena gangguan kepribadian ambang, skizofrenia, gangguan penggunaan narkoba, gangguan kecemasan, dan gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia nervosa. 

Dikutip webmd, berikut ini bisa menjadi tanda peringatan potensial untuk bunuh diri yang dilakukan seseorang. 

1. Kesedihan 

Kesedihan atau kemurungan yang parah, yang berkepanjangan, perubahan suasana hati dan kemarahan yang tidak terduga bisa menjadi salah satu tanda seseorang bunuh diri. 

2. Meresa Putus Asa

Merasakan rasa putus asa yang mendalam mengenai masa depan dengan sedikit harapan bahwa keadaan dapat membaik. 

3. Masalah tidur 

Ketenangan yang tiba-tiba menjadi tenang setelah masa depresi atau kemurungan bisa menjadi tanda bahwa orang tersebut telah mengambil keputusan untuk mengakhiri hidupnya. 

4. Menyendiri 

Memilih menyendiri dan menghindari teman atau aktivitas sosial juga merupakan gejala depresi, penyebab utama bunuh diri. Ini termasuk hilangnya minat atau kesenangan terhadap aktivitas yang sebelumnya disukai orang tersebut. 

5. Perubahan kepribadian 

Perubahan kepribadian atau penampilan seseorang ini dinilai sebagai tanda mempertimbangkan untuk bunuh diri. Perubahan sikap atau perilaku, seperti berbicara atau bergerak dengan kecepatan atau kelambatan yang tidak biasa jadi tandanya. Selain itu, orang tersebut mungkin tiba-tiba menjadi kurang peduli dengan penampilan pribadinya. 

6. Perilaku merugikan diri sendiri 

Perilaku yang berpotensi membahayakan, seperti mengemudi sembarangan, melakukan hubungan seks yang tidak aman dan meningkatnya penggunaan obat-obatan atau alkohol, mungkin menunjukkan bahwa orang tersebut tidak lagi menghargai kehidupannya. 


7. Trauma

Trauma atau krisis kehidupan dapat memicu upaya bunuh diri Krisis mencakup kematian orang yang dicintai atau hewan peliharaan, berakhirnya suatu hubungan, diagnosis penyakit serius, kehilangan pekerjaan, atau masalah keuangan yang serius. 

8. Mengancam atau berbicara tentang bunuh diri 

Dari 50% hingga 75% dari mereka yang mempertimbangkan untuk bunuh diri akan memberikan tanda peringatan kepada seseorang teman atau saudara. 

Ini mungkin bukan ancaman langsung. Mereka mungkin berbicara terlalu banyak tentang kematian atau mengatakan hal-hal seperti “Akan lebih baik jika saya tidak ada di sini.” Namun, tidak semua orang yang mempertimbangkan untuk bunuh diri akan mengatakan demikian, dan tidak semua orang yang mengancam untuk bunuh diri akan menindaklanjutinya. 

Setiap ancaman bunuh diri harus ditanggapi dengan serius. 

Editor : Johan Utoyo

Follow Berita iNews Batam di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut