get app
inews
Aa Read Next : Jasad Pria Terjun di Jembatan IV Barelang Batam Ditemukan

Bisa Dicegah, 8 Ciri ini Gejala Orang Ingin Bunuh Diri

Sabtu, 27 Januari 2024 | 11:56 WIB
header img
Ilustrasi Gangguan Jiwa (ist)

Siapa yang Paling Mungkin Melakukan Bunuh Diri? 

Tingkat bunuh diri tertinggi terjadi pada remaja, dewasa muda dan orang tua. Pria kulit putih berusia di atas 65 tahun memiliki tingkat bunuh diri tertinggi. Risiko bunuh diri juga lebih tinggi pada orang lanjut usia yang kehilangan pasangannya karena kematian atau perceraian. 

Selain itu orang yang pernah mencoba bunuh diri di masa lalu, orang dengan riwayat keluarga bunuh diri, orang yang mempunyai teman atau rekan kerja yang pernah bunuh diri, orang dengan riwayat pelecehan fisik, emosional atau seksual, juga mereka yang belum menikah, tidak terampil atau menganggur. 

Bisakah Bunuh Diri Dicegah? 

Bunuh diri tidak dapat dicegah dengan pasti, namun risiko sering kali dapat dikurangi dengan intervensi yang tepat waktu. 

Penelitian menunjukkan bahwa cara terbaik untuk mencegah bunuh diri adalah dengan mengetahui faktor risikonya, waspada terhadap tanda-tanda depresi dan gangguan mental lainnya, mengenali tanda-tanda peringatan untuk bunuh diri, dan melakukan intervensi sebelum orang tersebut dapat menyelesaikan proses penghancuran diri.

 

Sumber: Sindonews

Editor : Johan Utoyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut