get app
inews
Aa Read Next : Dialog Spesial Rakyat Bersuara Adu Bukti Buat Demokrasi, Malam Ini di iNews

7 Cara Cepat Hilangkan Tinta Pemilu di Jari

Kamis, 15 Februari 2024 | 10:47 WIB
header img
7 cara cepat hilangkan tinta ungu usai nyoblos di Pemilu 2024. (Foto: ist)

BATAM, iNewsBatam.id - Usai memberikan hak suara di TPS, para pemilih diharuskan mencelupkan jari ke dalam wadah tinta. Ini dimaksudkan untuk mengesahkan bahwa pemilih tersebut telah menggunakan hak pilihnya. 

Namun, terkadang tinta ini membuat beberapa orang risih jika melakukan aktivitas dan berupaya untuk menghapusnya.

Berikut 7 cara cepat hilangkan tinta ungu usai nyoblos di Pemilu 2024:

1. Alkohol

Cukup tuangkan alkohol ke kapas dan gosok jari yang bertinta sampai noda hilang. Bersihkan dengan air dan sabun untuk menghilangkan sisa alkohol di jari.

2. Aseton

Untuk Anda yang gemar nail art pasti ramah dengan dengan pembersih cat kuku ini. Khususnya untuk tinta di kuku, Anda bisa menggunakan aseton untuk menghilangkannya.

 3. Lem cair

Cairan pengerat ini juga ampuh menghilangkan bekas noda. Caranya, oleskan pada jari yang terkena tinta, diamkan hingga kering, lalu gosok. Nantinya akan terangkat bulir dari lem beserta bekas tintanya. Setelah itu, jangan lupa bersihkan dengan sabun dan air.

4. Pemutih pakaian

Larutkan 3 ml cairan pemutih pakaian ke dalam 15 ml air. kemudian rendam hingga noda tinta memudar dan bilas dengan sabun dan air. Sedikit peringatan, cairan pemutih pakaian biasanya panas dan berbau jadi jangan terlalu banyak menuangkan cairan tersebut.

5.Hand sanitizer

Cairan pembersih tangan juga dapat membersihkan sisa tinta sehabis Pemilu. Cukup gosokkan cairan hand sanitizer di tangan. Beri perhatian ekstra pada jari yang memiliki sisa noda.

6. Pasta gigi

Kandungan dalam odol dapat membantu membersihkan tinta noda dan membuat jari kembali bersih. Oleskan pasta gigi ke jari yang terkena tinta, kemudian diamkan sebentar. Lalu gosok hingga bersih dan siram dengan air agar sisa pasta hilang.

7. Cuka

Cuka yang biasa digunakan untuk penambah rasa di makanan juga bisa menghilangkan sisa noda. Rahasianya ada di balik kandungan asam yang terdapat dalam cuka. Teteskan cuka pada kapas dan gosokkan ke jari hingga tinta menghilang. Setelah bersih, jangan lupa cuci dengan air untuk menghilangkan bau kecut dari cuka.

Sumber: Okezone

Editor : Johan Utoyo

Follow Berita iNews Batam di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut