get app
inews
Aa Read Next : Meriahkan HUT Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024, Polda Kepri Gelar Lomba Menembak

Mirip Tanaman Ganja, Mengkonsumsi Tumbuhan Ini Bisa Redakan Batuk

Jum'at, 23 Februari 2024 | 17:09 WIB
header img
Mengkonsumsi Legundi bisa Redakan Batuk. (Foto: ist)

JAKARTA, iNewsBatam.id - Obat herbal masih diandalkan sebagian orang untuk memulihkan sekaligus menjaga kesehatan tubuh. 

Bukan tanpa alasan mengapa obat herbal masih memiliki tempat yang istimewa di hati orang-orang yang mengutamakan gaya hidup sehat. 

Pasalnya obat herbal dinilai lebih aman, minim efek samping, mudah didapat, terjangkau, sekaligus berkhasiat ketika dikonsumsi. 

Tanaman herbal untuk dijadikan obat memang sudah dilakukan masyarakat secara turun-temurun. Bahkan, belakangan ini viral tanaman yang mirip dengan daun ganja dikonsumsi sebagai obat.

Selebgram Ira Nandha mendadak kembali membuat heboh jagat maya karena mengonsumsi daun yang disebut-sebut mirip ganja. 

Usut punya usut, ternyata daun yang bentuknya disebut mirip dengan ganja tersebut merupakan daun legundi. Ira Nandha mengaku mengonsumsinya untuk meredakan batuk. 

Meski begitu, banyak dari netizen yang masih dibuat bertanya-tanya mengapa wujud daun tersebut justru tidak seperti daun legundi pada umumnya, dan malah terlihat seperti daun ganja.  

Nah, agar tidak terkecoh dan salah paham, berikut informasi seputar daun legundi, mulai bentuk, jenis, hingga manfaatnya yang banyak dipercaya sebagai obat batuk.  

Legundi (Vitex negundo L.) dikenal sebagai pohon suci berdaun lima dan dapat ditemukan di berbagai negara di Asia. Di Filipina, pohon lagundi bisa tumbuh setinggi 2 hingga 8 meter. 

Kulit batangnya berwarna cokelat kemerahan. Daunnya digitate, dengan lima helai daun lanset, terkadang tiga. 

Editor : Johan Utoyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut