get app
inews
Aa Read Next : Bupati Lingga Evaluasi Kinerja OPD yang Kurang Kontribusi dan Kerap Absen

Pemula Harus Tau!, 6 Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan Saat Mendaki Gunung

Senin, 26 Februari 2024 | 11:49 WIB
header img
Ilustrasi mendaki gunung. (Foto: Okezone)

BATAM, iNewsBatam.id - Mendaki gunung menjadi salah satu kegiatan favorit bagi banyak orang. Kegiatan ini dapat memberikan Anda berbagai manfaat yang lengkap. 

Anda bisa melarikan diri sejenak dari kesibukan, menghirup udara segar, mendapatkan tubuh yang bugar, melakukan hobi, dan masih banyak lagi.

Tak heran jika tempat wisata gunung ini selalu ramai dikunjungi oleh kalangan pendaki. Mendaki gunung adalah kegiatan menarik yang dilakukan untuk wisatawan yang suka berpetualang. 

Namun sayangnya, tidak semua wisatawan benar-benar peduli dengan hal lainnya sebelum mendaki.

Mengutip dari Yoexplore ada beberapa hal yang harus Anda hindari jika ingin mendaki gunung khususnya di Indonesia!

1. Jangan remehkan medan pendakian

Saat mendaki gunung, sangat penting untuk tidak meremehkan medan pendakian dan selalu mempersiapkan kondisi fisik Anda dengan baik. Terlepas dari pengalaman sebelumnya, setiap medan memiliki tantangannya sendiri.

Lakukan riset mendalam tentang medan yang akan dihadapi, termasuk kemiringan, cuaca, dan keadaan jalur pendakian. Persiapkan diri dengan latihan fisik yang memadai dan pastikan kesehatan Anda dalam kondisi prima sebelum memulai pendakian.

2. Dilarang mengotori lingkungan

Salah satu prinsip utama dalam mendaki gunung adalah menjaga kebersihan lingkungan. Jangan pernah membuang sampah sembarangan di gunung.

Selalu bawa kantong plastik atau tempat sampah portabel untuk menyimpan sampah Anda sendiri dan bantu membersihkan sampah-sampah lain yang ditemui selama pendakian. Menghargai keindahan alam berarti menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungannya.

3. Hindari vandalisme

Sebagai pengunjung alam, penting bagi kita untuk menghormati dan melestarikan keindahan alam. Jangan pernah melakukan vandalisme atau merusak properti publik atau pribadi di gunung.

Ini termasuk menulis di bebatuan, merusak tumbuhan atau habitat satwa liar, atau melakukan tindakan lain yang dapat merusak ekosistem alamiah gunung. Biarkan keindahan alam tetap utuh dan terjaga untuk dinikmati oleh generasi mendatang.

4. Dilarang ambil apapun di gunung kecuali foto

Sebagai pengunjung alam, kita memiliki tanggung jawab untuk tidak mengambil apapun dari alam kecuali foto untuk mengabadikan momen.

Jangan memetik tanaman, mengambil batu, atau membawa pulang benda-benda lain sebagai kenang-kenangan dari gunung.

Tindakan seperti itu dapat merusak ekosistem alami dan mengganggu keseimbangan alam. Biarkan flora dan fauna gunung tetap terjaga agar dapat dinikmati oleh semua orang.

Editor : Johan Utoyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut