get app
inews
Aa Read Next : Komplotan Maling 36 Motor di Batam Diringkus Polisi, Sering Beraksi Pakai Jaket Ojol

Kisah Berjuangan Hidup Zaenal, Penyandang Down Syndrome Anak Yatim Piatu Dapat Upah Rp2.000 Jual Air

Kamis, 28 Maret 2024 | 13:19 WIB
header img
Zainal Wahyudin (31) menyandang down syndrome anak yatim piatu, berdoa sebelum bekerja sebagai penjual air ke rumah-rumah warga. Foto: Instagram

JAKARTA, iNewsBatam.id - Kisah mengharukan yang memberikan inspirasi datang dari Zaenal Wahyudin (31), seorang anak yatim piatu yang juga penyandang down syndrome.

Meskipun memiliki keterbatasan, semangatnya untuk mencari nafkah, bertahan hidup, dan berbagi dengan orang lain tetap tak terhalang.

Kisah inspiratif ini dibagikan melalui akun Instagram @ahmdrmdnu. Video Zaenal saat memulai hari dengan doa sebelum bekerja menimba air bersih diunggah olehnya.

Air bersih yang dikumpulkannya di ember tersebut dijual kepada tetangga dan warga sekitar dengan harga Rp2.000 hingga Rp5.000 per ember, menjadi sumber penghasilannya untuk bertahan hidup.

Zaenal memang berbeda dari anak-anak lainnya karena mengidap down syndrome sejak lahir. Namun, ia tetap semangat dan gigih menjalani kehidupannya.

"Setiap hari, Zaenal dengan tanpa lelah membawa ember air untuk dijual kepada rumah-rumah pembeli. Air tersebut diambil dari sumber mata air yang jaraknya cukup jauh dari tempat tinggalnya. Dia diiringi oleh panasnya terik dan rasa lelah dalam setiap perjuangannya," tulis @ahmdrmdnu pada Kamis (28/3/2024).

Zaenal hidup sendirian dan tinggal di rumah kerabat setelah kepergian orang tuanya yang sudah lama meninggal dunia.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mewujudkan impian memiliki rumah sendiri, Zaenal tak jarang melakukan pekerjaan tambahan selain menjual air. Upah dari pekerjaan tersebut tidaklah banyak dan juga tidak menentu.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut