get app
inews
Aa Read Next : Memaknai Malam Nuzulul Quran Lengkap dengan Jadwal Imsakiyah 17 Ramadan untuk Kepulauan Riau

Peristiwa Penting Pada 17 Ramadhan Selain Nuzulul Quran, Nomor 2 dan 4 Begitu Heroik

Kamis, 28 Maret 2024 | 14:16 WIB
header img
Tanggal 17 Ramadhan ada sejumlah peristiwa penting. Foto: Okezone/ Shutterstock

BATAM, iNewsBatam.id - Tanggal 17 Ramadhan ada sejumlah peristiwa penting.Selain Peristiwa Nuzulul Quran atau turunnya Alquran, ada beberap peristiwa penting terjadi dan menjadi bagian sejarah Islam.

Dewan Syura Majelis Rasulullah Al-Habib Nabiel bin Fuad Al-Musawa (Habib Nabiel) dikutip dari Nabawi TV  menyatakan bahwa ada beberapa peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 17 Ramadhan, di antaranya adalah:

1. Peristiwa turunnya Alquran (Nuzulul Quran)
2. Peristiwa Perang Badar
3. Wafatnya Amirul Mu'minin Sayyidina Ali bin Abi Thalib radhiallahu 'anhu pada tahun 40 Hijriyah
4. Peristiwa penaklukan Byzantium Romawi Timur di zaman Khalifah Abbasiyyah Al-Mu'tashim Billah.

Nuzulul Qur’an sendiri berhubungan dengan Perang Badar. Menurut Habib Nabiel, hal itu dijelaskan dalam Surah Al Anfal ayat 41:

وَمَا أَنزَلْنَا عَلَىٰ عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعَانِ ۗ وَاللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

 ".. dan pada apa yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) (yaitu Al Qur'an) di hari Furqaan, yaitu di hari bertemunya 2 pasukan (perang Badr). Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu." (QS Al Anfaal:41)

1. Nuzulul Quran
Nuzulul Quran merujuk pada peristiwa turunnya wahyu pertama kepada Nabi Muhammad yang disampaikan oleh Malaikat Jibril. Kejadian ini terjadi pada tanggal 17 Ramadhan, 13 tahun sebelum Hijriyah. Tempat di mana Nabi Muhammad menerima wahyu pertama adalah di Gua Hira, yang terletak sekitar 6 km di sebelah utara Masjidil Haram, di sebuah bukit bernama Jabbal Nur.

Sebelum mendapatkan wahyu pertama, Nabi Muhammad telah sering melakukan ibadah di Gua Hira. Pada suatu waktu, Malaikat Jibril tiba dan menyampaikan perintah kepada Nabi untuk membaca. Meskipun awalnya Nabi merasa tidak mampu, wahyu pertama yang diterima beliau adalah Surat Al-Alaq, ayat 1-5.

2. Perang Badar
Perang Badar merupakan salah satu peristiwa yang sangat penting dalam sejarah Islam, karena menjadi awal kejayaan Islam yang terbentuk. Allah SWT menghormati Islam melalui perang ini. Meskipun pasukan Muslim hanya terdiri dari 313 orang, mereka berhasil menghadapi musuh yang jumlahnya hampir tiga kali lipat, sekitar 950 orang.

Perang Badar dianggap sebagai salah satu peristiwa penting dalam sejarah umat Islam, dan juga bertepatan dengan tanggal 17 Ramadan, yang sama dengan hari turunnya Alquran. Peristiwa ini terjadi pada tahun 2 Hijriah.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Batam di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut