get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuara Batam Rabu 24 April 2024: Didominasi Cerah namun Ada Potensi Hujan Ringan Siang Hari

Kok Suhu Pagi Hari Sekarang Ini Dingin Banget Yah? Ini Ternyata Penyebabnya!

Selasa, 16 Juli 2024 | 12:57 WIB
header img
Pagi-pagi belakangan ini sangat dingin. Ada penjelasan ilmiah di balik fenomena ini. Fenomena suhu udara yang dingin mulai terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Foto: UPT Dieng

JAKARTA, iNewsBatam.id - Pagi-pagi belakangan ini sangat dingin. Ada penjelasan ilmiah di balik fenomena ini. Fenomena suhu udara yang dingin mulai terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), suhu udara minimum di Indonesia berkisar antara 15,2 derajat Celsius hingga 22,5 derajat Celsius.

Menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, suhu dingin ini terjadi karena Angin Monsun Australia yang bergerak menuju Asia melalui Indonesia dan Samudera Hindia.

Angin ini kering dan kurang membawa uap air, terutama di malam hari ketika suhu mencapai titik terendahnya. Akibatnya, suhu udara di sebagian wilayah Indonesia, terutama di sebelah Selatan Khatulistiwa, terasa lebih dingin. Di Jawa, ini dikenal sebagai "mbedhidhing."

Saat ini, daerah pegunungan umumnya lebih dingin karena tekanan udara yang lebih rendah. Contohnya, Gunung Bromo, di mana embun upas membeku menyerupai salju, menciptakan pemandangan putih di kawasan Lautan Pasir Gunung Bromo.

Di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), suhu udara kadang mencapai 5 derajat Celsius. Fenomena ini hanya terjadi pada pagi hari sebelum Matahari terbit.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut