get app
inews
Aa Read Next : Damkar Evakuasi Sarang Tawon Madu di Plafon Rumah Warga Natuna

Dinas Pemadam Kebakaran Natuna Berencana Bikin Posko di 3 Kecamatan

Senin, 22 Juli 2024 | 12:59 WIB
header img
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Natuna, Syawal Saleh. (Foto: Fadli/iNewsBatam.id)

NATUNA, iNewsNatuna.id - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamat Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau berencana mendirikan posko Pemadam Kebakaran (Damkar) di 3 kecamatan di wilayah kabupaten tersebut.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamat Kabupaten Natuna, Syawal Saleh, mengungkapkan langkah ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan penanganan kebakaran di tiap kecamatan. Posko Damkar direncanakan akan dibangun di Kecamatan Sedanau, Bunguran Barat, Midai, dan Serasan.

"Kami akan memprioritaskan pembuatan posko Damkar di kecamatan-kecamatan tersebut, dengan harapan dapat memberikan layanan yang optimal," ujar Syawal pada Senin (22/7/2024).

Syawal juga menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sedang menyusun draft anggaran untuk pengadaan peralatan posko tersebut.

"Pembentukan posko Damkar di kecamatan akan disertai dengan pengadaan Sarana Prasarana (Sapras)," tambahnya.

Salah satu Sapras yang akan didukung untuk posko Damkar di 3 kecamatan tersebut adalah mobil jenis pick up yang akan dimodifikasi sebagai mobil pemadam kebakaran, dilengkapi dengan tangki air dan pompa.

"Kapasitas air mobil pemadam tersebut akan mencapai satu ton, dengan desain yang ringan agar dapat melintasi jalur yang sulit seperti di Sedanau," jelasnya.

Selain mobil pemadam, posko tersebut juga akan dilengkapi dengan peralatan lain seperti baju pemadam, sepatu, Alat Pelindung Diri (APD), dan perlengkapan lainnya.

"Kami berencana untuk memiliki 6 orang dalam 1 regu, dengan saat ini sudah ada 5 regu. Kami akan melengkapi mereka dengan baju pemadam tambahan, namun untuk sementara ini akan disiapkan 3 baju pemadam untuk penggunaan langsung," ungkapnya.

Syawal berharap dengan adanya posko Damkar di 3 kecamatan ini, pelayanan terhadap kebakaran di Kabupaten Natuna dapat ditingkatkan.

"Kami juga berencana untuk merekrut 10 warga setempat di setiap kecamatan sebagai personel tambahan untuk mendukung operasional posko Damkar," tutupnya.

Editor : Gusti Yennosa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut