get app
inews
Aa Read Next : Terpilih Sebagai Rektor, Prof Samsul Rizal Optimis Tingkatkan Mutu Pendidikan Uniba

Universitas Batam Gelar Workshop Pengelolaan Jurnal Ilmiah Berstandar Sinta

Sabtu, 27 Juli 2024 | 20:09 WIB
header img
Workshop Pengelolaan Jurnal Ilmiah Berstandar Sinta yang digelar Universitas Batam. (Foto: ist)

BATAM, iNewsBatam.idUniversitas Batam baru-baru ini menyelenggarakan dua workshop penting, yaitu Workshop Pengelolaan Jurnal Ilmiah Berstandar Sinta dan Workshop Publikasi Sinta Jurnal Kedokteran.

Kampus tersebut menghadirkan Prof. Dr. Parmin, S.Pd., M.Pd sebagai narasumber utama, serta dua moderator, Dr. Ir. Yuanita FD Sidabutar, ST., M.Si dan Isramilda, S.Si., M.Si.

Peserta workshop diwajibkan membawa laptop, dan acara berlangsung dengan antusiasme tinggi. Sesi-sesi workshop diwarnai dengan tanya jawab yang mengundang tawa dari peserta.

Prof. Dr. Parmin membagikan pengalamannya dalam pengelolaan jurnal nasional dan internasional. Ia menggarisbawahi lima poin penting dalam menyiapkan jurnal.

Rinciannya yaitu: (1) informasi kebijakan akreditasi dan reakreditasi jurnal ilmiah; (2) standarisasi manajemen dan substansi artikel jurnal nasional Sinta 2; (3) optimalisasi kinerja Editor in Chief, Editor, dan Reviewer jurnal menuju Sinta 2; (4) simulasi dan bedah kesiapan jurnal di Uniba; dan (5) mereview serta memperbaiki artikel sesuai aspek penilaian akreditasi jurnal Sinta 2.

Parmin menekankan pentingnya kebahagiaan dalam pengelolaan jurnal. "Tunjukkan bapak dan ibu bahagia serta sejahtera, jangan menunjukkan keprihatinan," kata dia dalam keterangan tertulis.

Ia juga menyebutkan bahwa saat ini terdapat lebih dari 10.000 jurnal terakreditasi di Indonesia dan dirinya telah menilai 1.707 jurnal.

Moderator Dr. Ir. Yuanita FD Sidabutar, ST., M.Si menjelaskan bahwa workshop ini bertujuan untuk pelatihan khusus bagi pengelola jurnal di lingkungan Universitas Batam.

Workshop ini dibagi menjadi dua sesi: pengelolaan jurnal ilmiah berstandar Sinta untuk seluruh pengelola jurnal di Universitas Batam dan publikasi Sinta jurnal ilmiah zona kedokteran untuk dosen dan mahasiswa fakultas kedokteran Uniba.

Universitas Batam saat ini memiliki 19 jurnal, terdiri dari 1 jurnal pengabdian masyarakat dan 18 jurnal penelitian. Salah satunya, jurnal zona kedokteran, telah berakreditasi Sinta 4. Jurnal lain yang sedang dalam proses menuju akreditasi Sinta adalah Jurnal Potensi dan Zona Kebidanan.

Sejak 2012, Fakultas Kedokteran Universitas Batam telah mengalami peningkatan akreditasi dari C menjadi Unggul pada tahun 2024, menjadikannya satu-satunya perguruan tinggi di Provinsi Kepulauan Riau dengan akreditasi tersebut.

Editor : Gusti Yennosa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut