Logo Network
Network

Jumlah Kendaraan yang Mudik Lebaran Dapat Dihitung dengan Alat PLATO

Arif Budianto
.
Selasa, 15 Maret 2022 | 13:41 WIB
Jumlah Kendaraan yang Mudik Lebaran Dapat Dihitung dengan Alat PLATO
Jumlah kendaraan yang mudik dapat dihitung jumlahnya dengan alat PLATO.(Foto:Dok MPI)

BANDUNG, iNews.id  - Jumlah kendaraan selama mudik Lebaran selama ini tidak bisa dihitung secara pasti. Namun, mulai Lebaran tahun ini, jumlah kendaraan yang melintas di jalan raya saat sedang mudik akan diketahui.

PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) punya alat baru yang disebut PLATO. Ini adalah sistem penghitung lalu lintas otomatis yang bisa diimplementasikan pada musim mudik Lebaran mendatang. PLATO adalah Penghitung Lalu Lintas Otomatis. 

Perangkat tersebut memiliki kemampuan menghitung volume dan kecepatan kendaraan (traffic counting) otomatis dengan sistem pembacaan dan penghitungan kapasitas jalan untuk lima golongan kendaraan. 

”Penghitungan lalu lintas secara otomatis ini jadi terobosan dalam bidang transportasi. Dan selama beberapa tahun terakhir sudah menjalankan fungsinya dengan sangat baik,” ujar Direktur Utama PT Inti Otong Iip. 

PLATO merupakan hasil peningkatan sistem dari teknologi yang digunakan pada Sistem Informasi Dini Lalu Lintas (Sindila) yang menjadi salah satu inovasi perusahaan dalam manajemen lalu lintas. 

Sistem PLATO memiliki kemampuan sensor deteksi volume dan kecepatan kendaraan hingga lima klasifikasi. Sebab, menggunakan teknologi Video Imaging Processing sebagai media pendeteksi kendaraannya. 

Follow Berita iNews Batam di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini