get app
inews
Aa Read Next : Waspada!, 5 Penyakit Ini Sering Muncul Usai Lebaran

Jumlah Kendaraan yang Mudik Lebaran Dapat Dihitung dengan Alat PLATO

Selasa, 15 Maret 2022 | 13:41 WIB
header img
Jumlah kendaraan yang mudik dapat dihitung jumlahnya dengan alat PLATO.(Foto:Dok MPI)

Teknologi Intelligent Transportation System (ITS) yang dikembangkan pada PLATO telah disesuaikan dengan karakteristik pengendara dan klasifikasi kendaraan sesuai prosedur manual yang digunakan di Indonesia. 

PLATO juga dilengkapi fitur kalibrasi atau tuning yang dapat smengatur arah sensor. Sehingga diperoleh jangkauan pandang ideal, membuat virtual loops atau area yang akan dihitung, mengatur jenis kendaraan berdasarkan golongan kendaraan, serta analisa sample video untuk proses tunning setiap bulannya. 

PT Inti menggandeng anak perusahaan PT Inti Konten Indonesia (Intens) untuk memperluas implementasi PLATO ke berbagai wilayah dan instutusi. Terbaru, PLATO telah diimplementasikan ke enam area Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, yaitu Ciburuy, Cikamuning, Gunung Putri, Beatrix Lembang, Cipatik, dan Cimareme. 

Sistem tersebut telah teruji secara fungsi penghitungan lima kategori kendaraan, dashboard management center, menampilkan kondisi jalan, menampilkan arah atau lajur, serta menampilkan kecepatan rata-rata kendaraan. 

Harapannya, lanjut Otong Iip, sistem yang mereka kembangkan bisa menjadi mitra berbagai institusi dalam menyelenggarakan manajemen lalu lintas, perencanaan rekayasa jaringan jalan, analisis kapasitas jalan, dan lainnya. 

”Apalagi, inovasi PLATO merupakan hasil produksi perusahaan dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) yang tinggi. Targetnya, cakupan pemanfaatan PLATO ini akan meluas untuk instansi di berbagai daerah lainnya pada tahun ini,” ujar Otong Iip.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Batam di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut