Begini Etika Syari Menyambut Bulan Suci Ramadhan 

Vitrianda Hilba Siregar
Bulan Ramadhan adalah kesempatan luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya yang beriman. (Foto: Ist)

Syaikh Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin Al-'Abbad Al-Badr حفظه لله menerangkan :
"Seharusnya kita bersuka cita dengan kehadiran bulan ini dengan kegembiraan yang besar, merasa bahagia dengan kedatangannya, mengistimewakan dan meninggikan kedudukan bulan Ramadhan di hati kita". (Wa Jaa Syahr Ramadhan, hal 16-17)

2. Mensyukuri kedatangan Ramadhan dengan memuji Allah, sembari bertekad untuk mengisi serta memaksimalkan diri diatas ketaatan.

Tidak diragukan lagi, bahwasanya Ramadhan mubarak adalah suatu karunia dan nikmat nan agung yang Allah peruntukkan untuk hamba-hambaNya.

Syaikh Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin Al-'Abbad Al-Badr حفظه الله juga menuturkan :
"Hendaklah memuji Allah Jalla wa 'Ala atas karunia-Nya kepada kita berupa kehadiran bulan Ramadhan. Sebab betapa banyak orang yang mendapati bulan ramadhan yang lalu, bahkan bulan-bulan sebelumnya, namun di tahun ini mereka telah tiada, dan bisa jadi diantara kita ada yang tidak mendapati ramadhan tahun ini, atau mungkin hanya mendapati sebahagian saja dari hari Ramadhan. Sehingga sepantasnyalah seorang muslim yang Allah memuliakannya dengan mendapati ramadhan agar bersyukur dan memuji Allah atas karunia-Nya.

Dan diantara bentuk kesyukuran, adalah dengan bertekad yang kuat untuk bersemangat dan bersungguh-sungguh mengerjakan ketaatan kepada Allah. Menegakkan hak Allah Tabaraka wa Ta'ala berupa puasa, sholat malam dan berbagai bentuk ibadah yang lainnya, serta bertekad untuk menjauhi perkara² yang Allah Ta'ala haramkan". 
(Diringkas dari Wa Jaa Syahr Ramadhan, hal 17 )

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network