Logo Network
Network

Buat Paspor Lebih Mudah dengan Layanan Eazy Passport

Ricky Robian Syah
.
Jum'at, 19 November 2021 | 17:37 WIB
Buat Paspor Lebih Mudah dengan Layanan Eazy Passport
Imigrasi Karimun sosialisasi Eazy Passport. (Foto: Ricky Robian Syah)

KARIMUN, iNewsBatam.id - Pelayanan pembuatan paspor di Kabupaten Karimun semakin mudah dengan layanan Eazy Passport.

Layanan Eazy Passport adalah pelayanan pembuatan paspor secara kolektif kepada kelompok- kelompok masyarakat, seperti perkantoran pemerintah, TNI, POLRI, BUMN, BUMD, perusahaan swasta, institusi pendidikan, komunitas organisasi dan komplek perumahan atau apartemen.

Dengan Llyanan tersebut, pemohon pembuatan paspor tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi, melainkan pemohon cukup menyediakan tempat dan petugas Imigrasi akan datang mengunjungi.

Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Kantor Imigrasi TPI Kelas II Tanjungbalai Karimun Ahmad Triesna Yanda mengatakan, layanan Eazy Passport memiliki keunggulan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengurus paspor tanpa harus datang ke Kantor.

"Hari ini kami melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang kemudahan layanan keimigrasian yang diberikan Kantor Imigrasi yakni Eazy Passport. Layanan ini, merupakan layanan mobile untuk membuat paspor tanpa datang ke kantor imigrasi," ujarnya usai kegiatan Sosialisasi Layanan Eazy Passport di Karimun, Jumat (19/11/2021).

Ahmad mengatakan, layanan Eazy Passport telah berjalan selama satu tahun dan telah beberapa kali dilaksanakan di wilayah Karimun. Layanan ini, mendapatkan antusiasme masyarakat, karena dinilai mempermudah pembuatan paspor.

"Apalagi di masa Pandemi seperti ini, layanan Eazy Passport tentunya sangat membantu," katanya.

Untuk mendapatkan layanan tersebut, masyarakat bisa mengajukan surat permohonan kepada Kantor Imigrasi TPI Kelas II Karimun untuk pembuatan paspor. Setelah itu, petugas akan menentukan jadwal pelaksanaan dan datang langsung ke tempat yang sudah ditentukan pemohon.

"Untuk persyaratan sama seperti permohonan paspor biasanya. Hanya saja, ini petugas yang turun ke lokasi warga," ujar Ahmad.

Ia menyebutkan, layanan Eazy Passport hanya melayani untuk permohonan pembuatan dan pergantian paspor. Sementara untuk pergantian, paspor yang hilang dan rusak tetap harus datang ke Kantor Imigrasi.

"Untuk pembuatan dan pergantian paspor yang habis masa berlakunya saja. Untuk yang rusak dan hilang langsung ke kantor," katanya.

Editor : Hendra Zaimi

Follow Berita iNews Batam di Google News

Bagikan Artikel Ini