Maluku Diguncang Gempa Dahsyat Magnitudo 7,3, Tak Berpotensi Tsunami

Antara
.
Kamis, 30 Desember 2021 | 09:20 WIB
Ilustrasi gempa.(Foto:Dok iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merevisi kekuatan gempa yang mengguncang Maluku pada Kamis (30/12/2021) dini hari menjadi magnitudo 7,3. 

Pusat gempa berada di lautan namun tidak menimbulkan tsunami karena berada di kedalaman menengah Laut Banda.

"Gempa magnitudo 7,3 ini merupakan bukti bahwa sumber gempa di kedalaman menengah Laut Banda masih sangat aktif dan dapat memicu terjadinya gempa kuat," kata Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono di Jakarta. 

Daryono mengatakan, gempa pada dini hari itu memiliki mekanisme sumber dengan pergerakan naik (thrust fault) akibat adanya tekanan yang kuat dalam lempeng tektonik yang tersubduksi tersebut. 

Hasil monitoring muka laut segera setelah gempa menggunakan peralatan Tide Gauge yang dikelola oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) tidak menunjukkan adanya kenaikan muka air laut di sekitar pusat gempa yang berarti tidak terjadi tsunami. 

"Gempa ini tidak berpotensi tsunami disebabkan karena hiposenternya yang relatif dalam yaitu berada di kedalaman menengah (183 km) sehingga deformasi batuan yang terjadi tidak sampai menganggu kolom air laut," katanya. 

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini