get app
inews
Aa Read Next : Dialog Spesial Rakyat Bersuara Adu Bukti Buat Demokrasi, Malam Ini di iNews

Banyak Mudik Imlek, Suara Warga Tionghoa saat Pemilu 2024 Diprediksi Berkurang

Jum'at, 02 Februari 2024 | 16:29 WIB
header img
Anggota DPRD Kota Batam dari Partai Nasdem, Lik Khai. (Foto: iNews Batam / Pratamayude)

BATAM, iNewsBatam.id - Calon legislatif (caleg) yang maju menjadi anggota DPRD Kota Batam dari konstituen Tionghoa, mengakui kemungkinan berkurangnya suara pemilih akibat pemilu berdekatan dengan momen perayaan Imlek.

Hal itu disebabkan karena, kebiasaan warga Tionghoa untuk pulang ke kampung halamannya dalam rangka merayakan Imlek bersama keluarga besar. 

"Saya kira itu pasti berdampak, sebab kita pahami, bahwa di Batam ini banyak pendatang. Saudara-saudara kita yang merayakan Imlek ada kebiasaan pulang kampung," ujar Anggota DPRD Kota Batam, Hendra Asman, yang tahun ini kembali mencalonkan diri.

Apalagi menurutnya, cukup banyak warga Tionghoa yang tinggal di daerah pemilihannya di wilayah Lubuk Baja dan Batam Kota. Perolehan suaranya dari dapil ini juga sangat besar, turut didukung perolehan dari suara warga Tionghoa, hingga dirinya mendapat hasil maksimal berupa suara tertinggi untuk Kota Batam di periode sebelumnya.

Ia berharap, Imlek tahun ini menjadi momentum yang bisa dipergunakan sebaik-baiknya oleh masyarakat, terutama warga Tionghoa, untuk menyalurkan hak pilihnya. 

Mengingat pemilu ini merupakan momen lima tahun sekali, maka pihaknya mengimbau warga Tionghoa untuk memajukan agenda pulang kampungnya atau pulang terlebih dulu agar bisa mengikuti pemilu yang diadakan pada 14 Februari mendatang.

Di momen Imlek Tahun Naga Kayu ini, ia memiliki keyakinan, kondisi Kota Batam akan memiliki suasana dan energi baru. Hal ini sesuai dengan shio Naga Kayu yang melambangkan kesuburan dan kekuatan, yakni perpaduan antara naga sebagai makhluk yang dikenal kuat, dan kayu yang dikenal dapat membawa kesuburan.

Editor : Johan Utoyo

Follow Berita iNews Batam di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut